Detail Cantuman
Advanced Search
PENDIDIKAN PANCASILA
Tujuan dari pendidikan pancasila pada hakikatnya adalah agar mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengambil sikap yang bertanggungjawab sesuai dengan hati nuraninya, dapat mengenali masalah hidup, serta cara-cara pemecahannya; mengenali perubahan-perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni; serta memaknai peristiwa sejarah dan nilai-nilai budaya bangsa untuk menggalang persatuan Indonesia.
Di samping itu, dengan adanya Pendidikan Pancasila, warga negara Indonesia diharapkan mampu memahami, menganalisis, dan menjawab persoalan-persoalan yang dihadapi oleh masyarakat secara berkesinambungan dan konsisten berdasarkan cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia.
Penyusunan buku referensi ini ditujukan untuk membantu mahasiswa dalam proses belajar mengajar matakuliah Pendidikan Pancasila. Namun demikian, materi yang disajikan di dalam buku ini bersifat mendasar, sehingga layak juga menjadi bacaan referensi bagi masyarakat luas, dan sepatutnya untuk seluruh warga negara Indonesia
DAFTAR ISI
BAB 1 PENDAHULUAN 1
Istilah dan Pengertian Pancasila. ………………………………………………..1
Landasan Pendidikan Pancasila. ………………………………………………….5
Tujuan Pendidikan Pancasila . ……………………………………………………10
Tujuan Mempelajari Pancasila. …………………………………………………12
BAB 2 KONDISI BANGSA INDONESIA DALAM PERJALANAN SEJARAH 15
Sebelum Kedatangan Bangsa Barat. ………………………………………..15
Penjajahan Bangsa Barat. ……………………………………………………………21
Kebangkitan Nasional. ………………………………………………………………….25
Sumpah Pemuda. ……………………………………………………………………………29
BAB 3 PROSES PEMBENTUKAN BPUPKI SERTA PENYUSUNAN SILA-SILA PANCASILA, UNDANG-UNDANG DASAR 1945 DETIK-DETIK PROKLAMASI 31
Penjajahan Jepang. ………………………………………………………………………..31
Pembentukan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). 34
Perumusan Pancasila. …………………………………………………………………..37
Proklamasi Kemerdekaan dan Sidang PPKI………………………….46
BAB 4 PANCASILA SEBAGAI FALSAFAH PANDANGAN HIDUP, IDEOLOGI NASIONAL, IDEOLOGI TERBUKA, BERSIFAT INTEGRALISTIK, DASAR NEGARA, DAN SUMBER ETIKA POLITIK 57
Pancasila Sebagai Falsafah Pandangan Hidup. …………………..57
Pancasila Sebagai Ideologi Nasional. ……………………………………..60
Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka. ………………………………………63
Pancasila Bersifat Integralistik. …………………………………………………67
Pancasila Sebagai Dasar Negara. ……………………………………………..69
Pancasila Sebagai Sumber Etika Politik. ………………………………..73
BAB 5 NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI NILAI FUNDAMENTAL NEGARA DAN URAIAN SILA-SILA PANCASILA 75
Istilah dan Pengertian Nilai. ……………………………………………………….75
Pancasila Sebagai Nilai Fundamental. ……………………………………77
Uraian Sila-Sila Pancasila. …………………………………………………………..79
BAB 6 HUBUNGAN PANCASILA DENGAN PROKLAMASI, BATANG TUBUH, DAN PEMBUKAAN UNDANG-UNDANG DASAR 1945 93
Hubungan Pancasila dengan Proklamasi. ……………………………..93
Hubungan antara Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dengan Batang Tubuh. 94
Hubungan antara Proklamasi dan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. 95
Hubungan antara Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dengan Pancasila. 98
BAB 7 PEMBUKAAN UNDANG-UNDANG DASAR 1945, UNDANG-UNDANG DASAR 1945, BATANG TUBUH UNDANG-UNDANG DASAR 1945 SEJARAH PEMBERLAKUANNY
1. Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945………………………….. 101
2. Pengertian, Kedudukan, Fungsi, dan Sifat Undang-Undang Dasar 1945………………….. 113
3. Batang Tubuh Undang-Undang Dasar 1945………………………. 119
4. Sejarah Pemberlakuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia…………….. 121
BAB 8 SISTEM PEMERINTAHAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA MENURUT UNDANG-UNDANG DASAR 1945 DAN DEMOKRASI PANCASILA
Pengertian Sistem Pemerintahan……. 161
Sistem Pemerintah Negara Republik Indonesia Menurut Undang-Undang Dasar 1945 Sebelum Amendemen………. 165
Pengertian Amendemen Undang-Undang Dasar 1945….. 174
Sistem Pemerintahan Negara Republik Indonesia Menurut Undang-Undang Dasar 1945 Sesudah Amendemen……….. 176
Demokrasi……………………………………………………………………………………… 178
Demokrasi Pancasila…………………………………………………………………. 182
Kelembagaan Negara……………………………………………………………….. 184
BAB 9 PANCASILA DAN UNDANG-UNDANG DASAR 1945 DI ERA ORDE LAMA, ORDE BARU DAN ORDE REFORMASI
Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 Di Era Orde Lama 211
Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 di Era Orde Baru215
Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 di Era Reformasi219
BAB 10 PELAKSANAAN PANCASILA DAN UNDANG-UNDANG DASAR 1945 SECARA MURNI DAN KONSEKUEN 225
Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang Murni. 225
Pelaksanaan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 Secara Konsekuen. 231
DAFTAR PUSTAKA 233
TENTANG PENULIS 237
Ketersediaan
B003325.1 | 320.5 ISH p c.1 | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
B003325.2 | 320.5 ISH p c.2 | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
B003325.3 | 320.5 ISH p c.3 | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
320.5 ISH p c.
|
Penerbit | Prenada Media : Jakarta., 2021 |
Deskripsi Fisik |
21 cm; 238 hal.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
978-623-2189164
|
Klasifikasi |
320.5
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain