Detail Cantuman
Advanced Search
MEDIA BARU: Sebuah Pengantar
edia Baru: Sebuah Pengantar tidak bertujuan untuk menjadi panduan teknikal tentang berkomunikasi melalui media baru. Justru sebaliknya, buku ini memberikan kerangka konseptual bagi pembelajar, pengajar dan pegiat komunikasi untuk memahami media baru dari sudut pandang komunikasi. Namun, dengan berpijak pada kerangka konseptual, penulis buku ini tetap mengandalkan ranah implementatif sebagai perwujudan dan ilustrasi dari konseptualisasi yang ada. Sehingga, proporsionalitas bahasan inilah yang menjadi tantangan dan sekaligus keunggulan dari buku ini.
Selanjutnya, alih-alih menekankan pemahaman pada perbandingan media baru dengan media sebelumnya, buku ini menekankan pada pemahaman media baru sebagai media baru. Dengan bahasa dan penjelasan yang mudah dipahami, penulis memotret dan memberi arti terhadap penggunaan media baru yang tidak jauh dari kehidupan sehari-hari. Topik-topik bahasan yang menjadi keunggulan lain dari buku ini adalah pengguna media yang tidak hanya aktif memaknai, teknologi media yang tidak hanya terkonvergensi, dan masyarakat digital yang tidak hanya semakin tersegmentasi.
KATA PENGANTAR v
UCAPAN TERIMA KASIH vii
BAB 1 PENDAHULUAN 1
1.1 Deskripsi Ringkas. ........................................3
1.2 Relevansi Media Baru.................................4
1.3 Tujuan Memahami Media Baru. .................4
1.4 Susunan Buku. .............................................4
BAB 2 MEDIA BARU DAN KOMUNIKASI 7
2.1 Pendahuluan. ..............................................7
2.2 Mengenai Istilah “Media Baru” (New Media). ...............................................9
2.3 Kebaruan Media Baru. ..............................12
2.4 Manfaat Kebaruan Media Baru. ...............23
2.5 Penutup. ....................................................30
2.6 Aktivitas Lanjutan. ....................................30
BAB 3 MEDIA BARU: PRODUKSI, PENYEBARAN DAN PENGGUNAAN 33
3.1 Pendahuluan. ............................................33
3.2. Produksi, Penyebaran dan Penggunaan Media. .................................34
3.3. Media Baru dalam Bingkai Kajian Media. .......................................................37
3.4 Menuju Integrasi Produksi-Penyebaran-Penggunaan?. ...........................................42
3.5 Penutup. ....................................................45
3.6 Aktivitas Lanjutan. ....................................45
BAB 4 JENIS, PRINSIP, DAN KARAKTERISTIK MEDIA BARU 47
4.1 Pendahuluan. ............................................47
4.2 Jenis Media Baru. ......................................48
4.3 Prinsip-prinsip Media Baru. ........................50
4.4 Karakteristik Media Baru. ..........................55
4.5 Penutup. ....................................................61
4.6 Aktivitas Lanjutan. ....................................62
BAB 5 KOMUNIKASI BERBASIS WEBSITE 63
5.1 Pendahuluan. ............................................63
5.2 Kreasi (Melalui) Website. ...........................65
5.3 Sampainya Konten atau Media ke Pengguna. .................................................68
5.4 ‘Metrics’ Sebuah Website. ..........................68
5.5 Penutup. ....................................................70
5.6 Aktivitas Lanjutan. ....................................71
BAB 6 MOBILE COMMUNICATIONS 73
6.1 Pendahuluan. ............................................73
6.2 Komunikasi dan Instant Messaging Applications . ............................................74
6.3 Komunikasi Verbal dan Nonverbal melalui IM Applications. ...........................76
6.4 Dari ‘Menelepon Sambil Berjalan’ Menuju Mobile Media. ..............................79
6.5 Penutup. ....................................................83
6.6 Aktivitas Lanjutan. ....................................84
BAB 7 KOMUNIKASI BERBASIS MEDIA SOSIAL 85
7.1 Pendahuluan. ............................................85
7.2 Membangun Konten di Media Sosial. .......86
7.3 Penggunaan Media Sosial. ........................92
7.4 Netizen, Segmented Users, dan (Micro) Influencers. ................................................98
7.5 Penutup. ..................................................100
7.6 Aktivitas Lanjutan. ..................................100
BAB 8 MEDIA BARU DALAM KOMUNIKASI MASYARAKAT 103
8.1 Pendahuluan. ..........................................103
8.2 Pembahasan: Implikasi Media Baru. .......104
8.3 Penutup. ..................................................116
8.4 Aktivitas Lanjutan. ..................................116
BAB 9 MEDIA BARU SEBAGAI SOLUSI 119
9.1 Pendahuluan. ..........................................119
9.2 Kerangka Media Baru sebagai Solusi. .....120
9.3 Remediasi. ...............................................127
9.4 Penutup. ..................................................129
9.5 Aktivitas Lanjutan. ..................................130
BAB 10 PENUTUP: INTERKONEKSI MEDIA BARU 131
10.1 Apakah ‘Endgame’ dari Media Baru?. ....131
10.2 Bagaimana Selanjutnya?. .......................135
DAFTAR PUSTAKA 141
TENTANG PENULIS 149
Ketersediaan
B003363.1 | 004.693 LUI m c.1 | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
B003363.2 | 004.693 LUI m c.2 | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
B003363.3 | 004.693 LUI m c.3 | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
004.693 LUI m c.
|
Penerbit | Prenada Media : Jakarta., 2020 |
Deskripsi Fisik |
21 cm; 151 hal.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
978-6232187597
|
Klasifikasi |
004.693
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain