Image of Cyber Society: Teknologi, Media Baru, dan Disrupsi Informasi

Cyber Society: Teknologi, Media Baru, dan Disrupsi Informasi



Globalisasi yang menurut McLuhan akan menghasilkan suatu Desa Global mendapatkan sanggahan dari Manuel Castells. Bagi Castells yang terjadi adalah masyarakat yang saling terhubung (network society). Untuk itu, globalisasi tidak sampai mampu merevolusi budaya, sebagaimana yang disampaikan oleh McLuhan. Masyarakat jaringan merupakan fenomena baru yang hadir abad ke-20, yang merupakan masyarakat di mana struktur-struktur organisasi dan elemen-elemen berjalan dengan logika jaringan. Masyarakat jaringan adalah di mana individu-individu saling terhubung dengan individu lain yang keberadaannya entah di mana.
Penemuan internet telah menghasilkan ruang dan media baru, dengan karakteristik masyarakat yang berbeda, dan juga munculnya budaya-budaya baru. Cyberspace atau ruang maya telah melahirkan tipe masyarakat baru yang begitu interaktif dalam berkomunikasi. Tak hanya sekadar menjadi konsumen dari berbagai macam informasi dan konten media baru, namun khalayak umum dapat pula berperan sebagai produsen sekaligus distributor informasi dan konten media baru.
Secara kategoris kehidupan masyarakat modern sekarang dapat dibedakan dalam tiga macam masyarakat, yaitu masyarakat realitas, masyarakat simbolik, dan masyarakat siber (cyber society). Fenomena masyarakat realitas, merujuk pada masyarakat yang menciptakan dan mengolah makna, yang terbentuk oleh interaksi sosial di dunia nyata. Masyarakat simbolik adalah masyarakat yang dibentuk oleh konstruksi media atas realitas yang terjadi di dalam masyarakat. Sedangkan masyarakat siber (cyber society) berada dalam struktur model komunikasi yang kompleks. Secara mendasar, setiap orang dipaksa untuk melek atau harus tahu media digital yang berbasis pada teknologi digital sebagai syarat untuk bisa menjadi konsumen informasi maupun produsen informasi. Di dalam masyarakat siber terjadi implotion realitas, di mana realitas nyata dan realitas simbolik bercampur dengan realitas palsu akhirnya menimbulkan ledakan ke dalam dan mengaburkan realitas di dalamnya. Kebenaran menjadi semakin sulit untuk ditemukan dalam kehidupan masyarakat siber, karena tumbuh suburnya “realitas palsu” tersebut.
TENTANG PENULIS
Catur Nugroho, S.Sos., M.I.Kom., pengajar matakul

KATA PENGANTAR v
PROLOG ix
UCAPAN TERIMA KASIH xiii
BAB 1 FILSAFAT TEKNOLOGI Pengungkapan dan Determinasi 1
ƒ Karakteristik Teknologi ............................................1
ƒ Pengungkapan Martin Heidegger...........................3
ƒ Perpanjangan Marshall McLuhan...........................6
ƒ Determinisme Teknologi ..........................................9
BAB 2 TEKNOLOGI KOMUNIKASI Media Massa dan Media Interaktif 13
ƒ Sejarah dan Perkembangan Komunikasi Manusia...................................................................13
ƒ First Media Age ......................................................19
ƒ Second Media Age..................................................21
BAB 3 MEDIA BARU Teknologi Komunikasi dan Media 25
ƒ Teknologi Komunikasi dan Informasi...................25
ƒ Karakteristik Teknologi Komunikasi dan Informasi.........................................................29
ƒ Media Baru..............................................................30
ƒ Karakteristik Media Baru.......................................33
BAB 4 GLOBALISASI Dunia Dalam Genggaman 37
ƒ Globalisasi, Dunia Yang Menyempit.....................37
ƒ Glokalisasi, Ketika Lokal Mengglobal ...................40
ƒ Desa Global McLuhan.............................................42
ƒ Masyarakat Jaringan Manuel Castells..................44
ƒ Network Enterprise dan Flex-timers ....................47
BAB 5 KONVERGENSI MEDIA Kolaborasi Teknologi Dan Konten Media 51
ƒ Perkembangan Perangkat Teknologi Komunikasi .............................................................51
ƒ Konvergensi Media, Kolaborasi Teknologi dan Konten..............................................................56
ƒ Determinasi Media, Personalisasi dan Publikasi..........................................................60
BAB 6 MEDIAMORPHOSIS Perkembangan Dan Perubahan Media 65
ƒ Perkembangan Media, Dari Konvensional ke Digital .................................................................65
ƒ Mediamorphosis, Duplikasi dan Remediasi.........70
BAB 7 MEDIA SOSIAL Karakteristik Dan Ruang Lingkup Komunikasi 77
ƒ Konsep dan Teori Media Sosial .............................77
ƒ Fungsionalitas Media Sosial .................................80
ƒ Perkembangan Media Sosial.................................83
ƒ Ruang Lingkup Komunikasi Media Sosial ...........86
ƒ Lingkup komunikasi interpersonal.......................87
ƒ Lingkup Komunikasi Kelompok.............................88
ƒ Lingkup Komunikasi Publik...................................88
ƒ Lingkup Komunikasi Massa...................................89
BAB 8 CYBER SOCIETY Ruang, Masyarakat, Dan Budaya Siber 91
ƒ Dunia Maya (Cyberspace).......................................91
ƒ Telecommunity and Cyber community.................94
ƒ Cyber society, Bentuk Masyarakat Baru...............97
ƒ Cyberculture, Teknologi dan Budaya Siber.........100
Bab 9 TEORI-TEORI DUNIA SIBER Etika, Politik, & Kriminal 105
ƒ Teori-teori Dunia Siber ........................................105
ƒ Cyberethics, Etika Dunia Siber............................106
ƒ Cyberpolitics, Politik Termediasi.........................110
ƒ Electronic Democracy (e-democracy), Ruang Partisipasi dan Demokrasi......................111
ƒ Cyber Warfare, Perang Dunia Siber....................113
ƒ Cybercrime, Bentuk Kriminal Dunia Siber .........115
BAB 10 TEKNOLOGI & MEDIA DIGITAL Perubahan Masyarakat Era Digital 121
ƒ Teknologi, Media dan Perubahan Masyarakat ..121
ƒ Financial Technolgy (Fin-Tech), Perubahan Sistem Transaksi .................................................126
ƒ Media Sosial dan Perubahan Masyarakat.........128


Ketersediaan

B003364.1004.693 NUG c c.1PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia
B003364.2004.693 NUG c c.2PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
004.693 NUG c c.
Penerbit Prenada Media : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
21 cm; 175 hal.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
978-6232187405
Klasifikasi
004.693
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this