Image of MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN



Lahirnya buku ini didorong oleh begitu langkanya buku rujukan utama atau referensi penting yang berkenaan dengan kajian media dan teknologi pembelajaran. Kebanyakan buku yang beredar merupakan buku terjemahan atau referensi lama yang tidak memperhatikan perkembangan kajian teknologi pembelajaran dari masa ke masa. Padahal, dinamika kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (saintek) begitu cepat dan arus globalisasi informasi dan komunikasi sangat deras, sehingga mengharuskan untuk memperbarui (merevisi) konten buku rujukan tersebut.
Edisi kedua ini menyajikan beberapa penambahan materi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa, serta mengikuti perkembangan kajian teknologi pembelajaran terkini. Pada bab tujuh hingga sembilan, disajikan materi terkait belajar melalui media audio dan media video; serta dilanjutkan dengan pembahasan blended learning, yakni pemaduan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring (online). Materi ini sangat penting untuk dipahami para mahasiswa yang kini dituntut melaksanakan pembelajaran jarak jauh (daring). Karenanya, pembahasan materi pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di bab terakhir saling berkaitan dan menjadi amat relevan dengan tuntutan pembelajaran di masa kini.
Buku teks pengantar ini sejatinya merupakan rujukan utama untuk para mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di perguruan tinggi agama, dan tentunya juga patut dijadikan rujukan pembelajaran bagi mahasiswa pada perguruan tinggi umum lainnya untuk memperoleh pemahaman komprehensif tentang pengembangan media dan teknologi.

DAFTAR ISI
Sambutan Rektor v

Kata Pengantar vii

Daftar Isi ix



bab 1 ME DIA PEMBELAJARAN: Pengertian, Karakteristik,

Urgensinya 1

Fenomena Aktual …………………………………………………………………………….. 3
Konsep Media Pembelajaran ………………………………………………………….. 5
Pengertian Media Pembelajaran……………………………………………………………5
Beberapa Istilah yang Berkaitan dengan Media Pembelajaran……….8
Karakteristik dan Ragam Media Pembelajaran…………………………….. 9
Urgensi Media Pembelajaran ………………………………………………………….12
Rangkuman……………………………………………………………………………………………….15

Referensi……………………………………………………………………………………………………. 17



bab 2 TEKNO LOGI PEMBELAJARAN: Pengertian, Sejarah,

dan Perbedaan Istilah 21

Fenomena Aktual ……………………………………………………………………………23
Apa Itu Teknologi Pembelajaran?………………………………………………….24
Teknologi Pembelajaran Versus Teknologi Pendidikan……………..37
Rangkuman ……………………………………………………………………………………………. 40

Referensi……………………………………………………………………………………………………42



bab 3 PERSPEKTIF BELAJAR DAN STRATEGI-STRATEGI

PEMBELAJARAN 45

Perspektif Belajar …………………………………………………………………………..47
Strategi Pembelajaran……………………………………………………………………..59
Rangkuman ……………………………………………………………………………………………..75

Referensi……………………………………………………………………………………………………77



bab 4 MO DEL-MODEL PENGEMBANGAN MEDIA

DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 79

Apa Itu Model ……………………………………………………………………………………81
Apa Itu Pengembangan …………………………………………………………………82
Pengembangan Media dan Teknologi
Pembelajaran…………………………………………………………………………………….85

Rangkuman………………………………………………………………………………………………99

Referensi………………………………………………………………………………………………….. 101



bab 5 BE LAJAR MELALUI BAHAN CETAK 103

Apa Itu Bahan Cetak?……………………………………………………………………105
Jenis Bahan Cetak………………………………………………………………………….106
Pengembangan Bahan Cetak ……………………………………………………..108
Rangkuman……………………………………………………………………………………………. 124

Referensi…………………………………………………………………………………………………. 126



bab 6 BE LAJAR MELALUI MEDIA VISUAL 129

Konsep Visual dalam Pembelajaran………………………………………………131
Ragam Media Visual……………………………………………………………………… 134
Peranti Lunak untuk Pengembangan Teknologi Visual……………… 152
Rangkuman……………………………………………………………………………………………. 155

Referensi…………………………………………………………………………………………………. 158



bab 7 BE LAJAR MELALUI MEDIA AUDIO 161

Hakikat Media Audio……………………………………………………………………… 163
Belajar Melalui Indra Pendengaran……………………………………………… 166
Ragam Media Audio ……………………………………………………………………. 169
Media Audio Analog…………………………………………………………………………….170
Media Audio Digital………………………………………………………………………………171
Peranti Lunak Media Audio …………………………………………………………. 176
Peranti Lunak Offline…………………………………………………………………………..177
Peranti Lunak Online………………………………………………………………………….. 180
Rangkuman……………………………………………………………………………………………. 183

Latihan…………………………………………………………………………………………………….. 184

Referensi…………………………………………………………………………………………………. 185



bab 8 belajar melalui media VIDEO 187

Konsep dan Perkembangan Video……………………………………………… 189
Pembelajaran Berbasis Video…………………………………………………….. 193
Ranah Kognisi……………………………………………………………………………………….194
Ranah Afeksi………………………………………………………………………………………….195
Ranah Pengalaman………………………………………………………………………………195
Ranah Keterampilan ……………………………………………………………………………196
Ragam Media Video………………………………………………………………………200
Video Tradisional …………………………………………………………………………………201
Video Digital……………………………………………………………………………………….. 204
Internet Video…………………………………………………………………………………….. 209
Peranti Lunak untuk Pengembangan Media Video…………………. 214
Rangkuman…………………………………………………………………………………………….223

Latihan……………………………………………………………………………………………………. 224

Referensi………………………………………………………………………………………………… 226



bab 9 B LENDED LEARNING: Pemaduan Pembelajaran

Tatap Muka dan Online 229

Konsep Blended Learning……………………………………………………………..231
Apa itu Blended Learning? ………………………………………………………………..231
Mengapa Blended Learning?…………………………………………………………….234
Karakteristik Blended Learning………………………………………………….. 238
Model-model Blended Learning …………………………………………………. 241
Model Rotasi…………………………………………………………………………………………243
Model Flex ……………………………………………………………………………………………245
Model Self-Blend…………………………………………………………………………………246
Model Enriched-Virtual……………………………………………………………………246
Rangkuman…………………………………………………………………………………………….247

Latihan……………………………………………………………………………………………………..247

Referensi………………………………………………………………………………………………… 248



bab 10 INTEGRASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

DALAM PEMBELAJARAN 251

Latar Belakang ……………………………………………………………………………….253
Landasan Hukum dan Teoretis Integrasi TIK dalam
Pembelajaran ………………………………………………………………………………… 254

Konsep dan Urgensi Teknologi Informasi dan Komunikasi …… 262
Strategi Integrasi TIK dalam Pembelajaran …………………………….. 268
Rangkuman ……………………………………………………………………………………………274

Referensi………………………………………………………………………………………………….276



bab 11 PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS TEKNOLOGi

INFORMASI DAN KOMUNIKASI 279

Pendahuluan…………………………………………………………………………………… 281
Pembelajaran Jarak Jauh dan TIK……………………………………………… 283
Penggunaan TIK dan Model Interaksi……………………………………….. 286
Pengembangan TIK untuk Pembelajaran Jarak Jauh…………….. 289
Rangkuman…………………………………………………………………………………………… 292

Referensi…………………………………………………………………………………………………294

Indeks 297

Tentang PENULIS 303


Ketersediaan

B003437.1371.33 YAU m c.1PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia
B003437.2371.33 YAU m c.2PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia
B003437.3371.33 YAU m c.3PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.33 YAU m c.
Penerbit Prenada Media : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
23 cm; 307 hal.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
978-6232189911
Klasifikasi
371.33
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this