Detail Cantuman
Advanced Search
MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
Lahirnya buku ini didorong oleh begitu langkanya buku rujukan utama atau referensi penting yang berkenaan dengan kajian media dan teknologi pembelajaran. Kebanyakan buku yang beredar merupakan buku terjemahan atau referensi lama yang tidak memperhatikan perkembangan kajian teknologi pembelajaran dari masa ke masa. Padahal, dinamika kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (saintek) begitu cepat dan arus globalisasi informasi dan komunikasi sangat deras, sehingga mengharuskan untuk memperbarui (merevisi) konten buku rujukan tersebut.
Edisi kedua ini menyajikan beberapa penambahan materi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa, serta mengikuti perkembangan kajian teknologi pembelajaran terkini. Pada bab tujuh hingga sembilan, disajikan materi terkait belajar melalui media audio dan media video; serta dilanjutkan dengan pembahasan blended learning, yakni pemaduan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring (online). Materi ini sangat penting untuk dipahami para mahasiswa yang kini dituntut melaksanakan pembelajaran jarak jauh (daring). Karenanya, pembahasan materi pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di bab terakhir saling berkaitan dan menjadi amat relevan dengan tuntutan pembelajaran di masa kini.
Buku teks pengantar ini sejatinya merupakan rujukan utama untuk para mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di perguruan tinggi agama, dan tentunya juga patut dijadikan rujukan pembelajaran bagi mahasiswa pada perguruan tinggi umum lainnya untuk memperoleh pemahaman komprehensif tentang pengembangan media dan teknologi.
DAFTAR ISI
Sambutan Rektor v
Kata Pengantar vii
Daftar Isi ix
bab 1 ME DIA PEMBELAJARAN: Pengertian, Karakteristik,
Urgensinya 1
Fenomena Aktual …………………………………………………………………………….. 3
Konsep Media Pembelajaran ………………………………………………………….. 5
Pengertian Media Pembelajaran……………………………………………………………5
Beberapa Istilah yang Berkaitan dengan Media Pembelajaran……….8
Karakteristik dan Ragam Media Pembelajaran…………………………….. 9
Urgensi Media Pembelajaran ………………………………………………………….12
Rangkuman……………………………………………………………………………………………….15
Referensi……………………………………………………………………………………………………. 17
bab 2 TEKNO LOGI PEMBELAJARAN: Pengertian, Sejarah,
dan Perbedaan Istilah 21
Fenomena Aktual ……………………………………………………………………………23
Apa Itu Teknologi Pembelajaran?………………………………………………….24
Teknologi Pembelajaran Versus Teknologi Pendidikan……………..37
Rangkuman ……………………………………………………………………………………………. 40
Referensi……………………………………………………………………………………………………42
bab 3 PERSPEKTIF BELAJAR DAN STRATEGI-STRATEGI
PEMBELAJARAN 45
Perspektif Belajar …………………………………………………………………………..47
Strategi Pembelajaran……………………………………………………………………..59
Rangkuman ……………………………………………………………………………………………..75
Referensi……………………………………………………………………………………………………77
bab 4 MO DEL-MODEL PENGEMBANGAN MEDIA
DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 79
Apa Itu Model ……………………………………………………………………………………81
Apa Itu Pengembangan …………………………………………………………………82
Pengembangan Media dan Teknologi
Pembelajaran…………………………………………………………………………………….85
Rangkuman………………………………………………………………………………………………99
Referensi………………………………………………………………………………………………….. 101
bab 5 BE LAJAR MELALUI BAHAN CETAK 103
Apa Itu Bahan Cetak?……………………………………………………………………105
Jenis Bahan Cetak………………………………………………………………………….106
Pengembangan Bahan Cetak ……………………………………………………..108
Rangkuman……………………………………………………………………………………………. 124
Referensi…………………………………………………………………………………………………. 126
bab 6 BE LAJAR MELALUI MEDIA VISUAL 129
Konsep Visual dalam Pembelajaran………………………………………………131
Ragam Media Visual……………………………………………………………………… 134
Peranti Lunak untuk Pengembangan Teknologi Visual……………… 152
Rangkuman……………………………………………………………………………………………. 155
Referensi…………………………………………………………………………………………………. 158
bab 7 BE LAJAR MELALUI MEDIA AUDIO 161
Hakikat Media Audio……………………………………………………………………… 163
Belajar Melalui Indra Pendengaran……………………………………………… 166
Ragam Media Audio ……………………………………………………………………. 169
Media Audio Analog…………………………………………………………………………….170
Media Audio Digital………………………………………………………………………………171
Peranti Lunak Media Audio …………………………………………………………. 176
Peranti Lunak Offline…………………………………………………………………………..177
Peranti Lunak Online………………………………………………………………………….. 180
Rangkuman……………………………………………………………………………………………. 183
Latihan…………………………………………………………………………………………………….. 184
Referensi…………………………………………………………………………………………………. 185
bab 8 belajar melalui media VIDEO 187
Konsep dan Perkembangan Video……………………………………………… 189
Pembelajaran Berbasis Video…………………………………………………….. 193
Ranah Kognisi……………………………………………………………………………………….194
Ranah Afeksi………………………………………………………………………………………….195
Ranah Pengalaman………………………………………………………………………………195
Ranah Keterampilan ……………………………………………………………………………196
Ragam Media Video………………………………………………………………………200
Video Tradisional …………………………………………………………………………………201
Video Digital……………………………………………………………………………………….. 204
Internet Video…………………………………………………………………………………….. 209
Peranti Lunak untuk Pengembangan Media Video…………………. 214
Rangkuman…………………………………………………………………………………………….223
Latihan……………………………………………………………………………………………………. 224
Referensi………………………………………………………………………………………………… 226
bab 9 B LENDED LEARNING: Pemaduan Pembelajaran
Tatap Muka dan Online 229
Konsep Blended Learning……………………………………………………………..231
Apa itu Blended Learning? ………………………………………………………………..231
Mengapa Blended Learning?…………………………………………………………….234
Karakteristik Blended Learning………………………………………………….. 238
Model-model Blended Learning …………………………………………………. 241
Model Rotasi…………………………………………………………………………………………243
Model Flex ……………………………………………………………………………………………245
Model Self-Blend…………………………………………………………………………………246
Model Enriched-Virtual……………………………………………………………………246
Rangkuman…………………………………………………………………………………………….247
Latihan……………………………………………………………………………………………………..247
Referensi………………………………………………………………………………………………… 248
bab 10 INTEGRASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
DALAM PEMBELAJARAN 251
Latar Belakang ……………………………………………………………………………….253
Landasan Hukum dan Teoretis Integrasi TIK dalam
Pembelajaran ………………………………………………………………………………… 254
Konsep dan Urgensi Teknologi Informasi dan Komunikasi …… 262
Strategi Integrasi TIK dalam Pembelajaran …………………………….. 268
Rangkuman ……………………………………………………………………………………………274
Referensi………………………………………………………………………………………………….276
bab 11 PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS TEKNOLOGi
INFORMASI DAN KOMUNIKASI 279
Pendahuluan…………………………………………………………………………………… 281
Pembelajaran Jarak Jauh dan TIK……………………………………………… 283
Penggunaan TIK dan Model Interaksi……………………………………….. 286
Pengembangan TIK untuk Pembelajaran Jarak Jauh…………….. 289
Rangkuman…………………………………………………………………………………………… 292
Referensi…………………………………………………………………………………………………294
Indeks 297
Tentang PENULIS 303
Ketersediaan
B003437.1 | 371.33 YAU m c.1 | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
B003437.2 | 371.33 YAU m c.2 | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
B003437.3 | 371.33 YAU m c.3 | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
371.33 YAU m c.
|
Penerbit | Prenada Media : Jakarta., 2021 |
Deskripsi Fisik |
23 cm; 307 hal.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
978-6232189911
|
Klasifikasi |
371.33
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain