Image of Metode Netnografi Pendekatan Kualitatif Dalam Memahami Budaya Pengguna Media Sosial

Metode Netnografi Pendekatan Kualitatif Dalam Memahami Budaya Pengguna Media Sosial



Metode netnografi (netnografi = internet + etnografi) adalah metode yang digunakan untuk mempelajari budaya pengguna internet (lebih khusus media sosial). Pada dasarnya, netnografi adalah penerapan metode etnografi untuk mempelajari budaya pengguna media sosial. Metode ini berusaha menggambarkan budaya dari sudut pandang orang yang diteliti dengan menjalankan investigasi, keterlibatan dengan orang yang diteliti, dan imersi. Mengapa netnografi penting? Saat ini kita tengah berada dalam gempuran data raksasa (big data) akibat kehadiran media sosial. Setiap hari ada ratusan ribu posting di media sosial (Twitter, Facebook, Instagram, Tik-Tok, Youtube, dan sebagainya). Metode ini berusaha menemukan esensi dari data raksasa (big data) berupa percakapan warganet yang berjumlah besar.

Buku ini merupakan pengantar dalam memahami metode netnografi. Buku ini terdiri atas 8 bab. Bab 1 membahas mengenai konsep dasar netnografi dan perbedaannya dengan metode lain. Bab 2 mendiskusikan mengenai data dalam penelitian netnografi. Bab 3 menjelaskan mengenai konteks karakteristik media sosial, dimana individu saling berjejaring. Bab 4 membahas keterlibatan dan imersi dalam netnografi. Bab 5 membahas integrasi data, proses analisis, dan interpretasi data. Bab 6 mendiskusikan persoalan etika dan bagaimana menjalankan penelitian netnografi secara etis. Bagian terakhir dari buku ini (bab 7 dan 8) memaparkan contoh kasus penelitian netnografi. Buku ini juga dilengkapi dengan studi kasus dan tutorial penggunaan NVivo, salah satu perangkat lunak (software) yang bisa membantu peneliti dalam proses penelitian netnografi.

----------------

Daftar Isi

BAB I KONSEP DASAR NETNOGRAFI
A. Apa Itu Netnografi?
B. Perbedaan Netnografi Dengan Metode Lain
C. Sejarah Netnografi: Dari Komunitas Virtual Ke Media Sosial
D. Tahapan Penelitian Netnografi

BAB II INDIVIDU BERJEJARING (NETWORKED INDIVIDUALISM)
A. Individu Berjejaring
B. Bagaimana Individu Berjejaring
Dengan Individu Lain?

BAB III DATA DALAM NETNOGRAFI
A. Data Site
B. Investigasi: Mencari Dan Memilih Data
C. Interaksi: Pengumpulan Data

BAB IV PARTISIPASI DAN IMERSI DALAM NETNOGRAFI
A. Partisipasi Dan Imersi
B. Partisipasi Dan Keterlibatan (Engagement)
C. Catatan Imersi (Immersion Journal)

BAB V INTEGRASI DATA
A. Mendeskripsikan Temuan: Analisis Tematik
B. Mengaitkan Temuan Dengan Teori

BAB VI ETIKA PENELITIAN
A. Prinsip Etika
B. Panduan Etika Penelitian Netnografi

BAB VII STUDI KASUS I
A. Pendahuluan
B. Tinjauan Literatur
C. Kasus Yang Diteliti
D. Metode Penelitian
E. Hasil Penelitian
F. Diskusi

BAB VIII STUDI KASUS II
A. Pendahuluan
B. Tinjauan Literatur
C. Objek Penelitian
D. Metode Penelitian
E. Hasil Penelitian
F. Diskusi
G. Penutup


Ketersediaan

B003486.1302.207 ERI m c.1PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia
B003486.2302.207 ERI m c.2PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHSedang Dipinjam (Jatuh tempo pada2025-06-04)

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
302.207 ERI m c.
Penerbit Remaja Rosda Karya : Bandung.,
Deskripsi Fisik
30 cm; 378 hal.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-446-6039
Klasifikasi
302.207
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this