Detail Cantuman
Advanced Search
PENGEMBANGAN ILMU DI PERGURUAN TINGGI
Pengembangan ilmu di perguruan tinggi keagamaan Islam, seperti di Universitas Islam Negeri (UIN) Malang memiliki dasar-dasar filosofis dan berimplikasi terhadap struktur kurikulumnya serta memiliki langkah-langkah dan ditujukan untuk melahirkan lulusan yang berkepribadian ulul albab.
Kerangka filosofis pengembangan ilmu di perguruan tinggi keagamaan Islam berbasis pada empat pandangan dasar: Paralelisasi agama dengan filsafat karena agama menyuguhkan nilai-nilai normatif dan sebagai world-view, universalisme Islam, kesesuaian konsep sains dengan ajaran Islam, dan point vortex theory. Empat pandangan dasar ini tidak bisa dikerangkakan karena bukan merupakan kesatuan gagasan dan bersifat tumpang-tindah; yang secara keseluruhan dan komprehensif disajikan dalam buku penting ini dengan metode bahasan ilmiah yang mudah dipahami baik bagi kalangan mahasiswa maupun para dosen/pengajar di perguruan tinggi/UIN.
Buku referensi berbasis riset ini menampilkan bahasan penting mengenai pengembangan ilmu di perguruan tinggi keagamaan Islam, antara lain: Islamisasi ilmu: Perspektif integrasi ilmu; Islamisasi ilmu al-Faruqi; Pengembangan ilmu perspektif UIN Malang: Proses perubahan kelembagaan, kerangka filosofis, struktur kurikulum dan langkah-langkahnya; serta Konstruksi pengembangan ilmu: Implikasi kerangka filosofis dan langkah-langkah pengembangan ilmu.
DAFTAR ISI
PENGANTAR PENULIS……………………………………………………. v
DAFTAR ISI……………………………………………………………………. vii
BAB 1 PROLOG………………………………………………………….. 1
A. Latar Diskursus………………………………………………….. 2
B. Posisional Kajian Diskursus………………………………….. 15
BAB 2 ISLAMISASI ILMU: PERSPEKTIF INTEGRASI ILMU……….. 37
A. Sejarah Gagasan Islamisasi Ilmu…………………………… 42
B. Islamisasi sebagai Model Integrasi……………………….. 54
C. Schools of Thought Gagasan Islamisasi Ilmu………….. 64
1. Maurice Bucaille: Autentisitas Al-Qur’an sebagai Basis Sains Modern…… 66
2. Seyyed Hossein Nasr: Kesinambungan dan Keterpisahan Sains Barat dan Islam…….. 69
3. Al-Attas (1931): Greatest Challenge dan Dewesternisasi Pengetahuan…… 72
4. Ziauddin Sardar (1951-): Parameter-parameter Sains Islam…………… 78
D. Tipe-tipe Islamisasi Ilmu Pengetahuan…………………… 85
E. Respons Terhadap Islamisasi Ilmu………………………… 91
BAB 3 ISLAMISASI ILMU AL-FARUQI…………………………….. 97
A. Islamisasi Ilmu al-Faruqi sebagai Perspektif…………… 98
B. Perspektif al-Faruqi: Islamisasi Ilmu……………………… 104
1. Malaise Ummah dan Etnosentrisme…………………. 104
2. Definisi dan Tujuan Islamisasi Ilmu………………….. 107
3. Kerangka Filosofis Islamisasi Ilmu…………………… 109
4. Metodologi Islamisasi Ilmu……………………………… 118
5. Kritik Islamisasi Ilmu al-Faruqi……………………….. 120
BAB 4 PENGEMBANGAN ILMU PERSPEKTIF UIN MALANG: PROSES PERUBAHAN KELEMBAGAAN, KERANGKA FILOSOFIS, STRUKTUR KURIKULUM DAN LANGKAH-LANGKAHNYA…… 125
A. Transformasi STAIN Menjadi UIN Malang……………… 126
1. Dari STAIN Menjadi UIN………………………………… 130
2. Visi Keilmuan Integratif UIN Malang……………….. 136
3. Lingkungan Kultural Kampus UIN Malang………… 140
4. Fakultas dan Program Studi……………………………. 142
5. UIN Malang dan Perubahan Paradigma Perguruan Tinggi….. 147
B. Pengembangan Ilmu di UIN Malang……………………… 150
1. Sebab-sebab Dikotomi Ilmu Umum dan Ilmu Agama …… 152
2. Urgensi Integrasi Ilmu Umum dan Ilmu Agama…. 161
3. Model Integrasi Ilmu Umum dan Ilmu Agama yang Diharapkan…. 173
4. Kerangka Filosofis Pengembangan Ilmu di UIN Malang…….. 188
BAB 5 KONSTRUKSI PENGEMBANGAN ILMU: IMPLIKASI KERANGKA FILOSOFIS DAN LANGKAH-LANGKAH PENGEMBANGAN ILMU………… 229
A. Implikasi Kerangka Filosofis Terhadap Struktur Kurikulum UIN Malang……. 229
1. Konsep Kurikulum UIN Malang……………………….. 230
2. Pohon Ilmu sebagai Metafora Struktur Kurikulum……… 234
3. Kurikulum Integratif………………………………………. 240
B. Langkah-langkah Pengembangan Ilmu di……………………………………………… 244
1. Pengembangan Substansi Keilmuan…………………. 245
2. Pengembangan Instrumen Pendukung……………… 262
3. Pusat Studi Sains dan Islam……………………………. 284
BAB 6 EPILOG……………………………………………………………. 289
REFERENSI…………………………………………………………………… 305
TENTANG PENULIS……………………………………………………….. 319
Ketersediaan
B002403.1 | 2X7.38 KHO p | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
B002403.2 | 2X7.38 KHO p | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.38 KHO p
|
Penerbit | Kencana : Jakarta., 2016 |
Deskripsi Fisik |
317 hal.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
978- 602-422-039-6
|
Klasifikasi |
2X7.38
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain