Image of EMOSIONAL Anak Usia Dini

Text

EMOSIONAL Anak Usia Dini



Hidup manusia sangat kaya akan pengalaman emosional. Hanya saja ada yang sangat kuat dorongannya, ada pula yang sangat samar sehingga ekspresinya tidak tampak. Ekspresi emosi akan kita kenali pada setiap jenjang usia mulai dari bayi hingga orang dewasa, baik laki-laki ataupun perempuan. Emosi pada masa usia dini tentu berbeda dengan masa-masa remaja, dewasa, dan lanjut usia. Karena itu, orangtua berperan krusial dalam membantu mengembangkan dan mengarahkan emosi anak agar jiwanya bisa tumbuh ke arah yang lebih baik.

Psikologi perkembangan anak akan membantu dalam mengungkap potensi-potensi yang ada pada seorang anak yang mungkin krusial untuk perkembangan masa-masa selanjutnya. Untuk itu dibutuhkan pemahaman yang lebih mendalam dan luas tentang potensi psikologis tersebut.

Buku ini memuat berbagai aspek, termasuk konsep dan teori, dari perkembangan anak usia dini yang perlu diketahui oleh semua pihak yang bergelut dan/atau terlibat dalam pengasuhan dan pendidikan anak usia dini, seperti orangtua dan guru, serta membantu mahasiswa atau siapa saja yang tertarik dengan bidang studi psikologi pada umumnya, dan psikologi perkembangan anak pada khususnya.

KATA PENGANTAR v
DAFTAR ISI vii
DAFTAR GAMBAR xi
BAB 1 PENDAHULUAN 1 Konsep Dasar Emosional...............................................................2

BAB 2 FUNGSI EMOSI DALAM KEHIDUPAN 21
A. Fungsi Emosi Memotivasi Anak Usia Dini ................................................21
B. Strategi dan Kegiatan untuk Menimbulkan Motivasi...................... 23
C. Fungsi Emosi sebagai Komunikasi pada Anak Usia Dini ...............26
D. Fungsi Emosi sebagai Basis Relasi Sosial.................................................. 33
E. Fungsi Emosi sebagai Basis Moralitas.........................................................35

BAB 3 PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI 39
A. Perkembangan Emosional Anak Usia Dini...............................................39
B. Karakteristik Emosi Anak .................................................................................... 43
C. Perbedaan Individual dalam Ekspresi Emosional................................51
D. Tingkah Laku Anak yang Terganggu secara Emosional................... 54

BAB 4 KEBUTUHAN DASAR EMOSIONAL ANAK USIA DINI 59
A. Kebutuhan Cinta .......................................................................................................59
B. Kebutuhan Independensi/Otonomi ............................................................62
C. Kebutuhan Perasaan Bebas................................................................................63
D. Kebutuhan Perlindungan/Rasa Aman.........................................................64
E. Kebutuhan Berprestasi..........................................................................................66
F. Kompetensi yang Harus Dikuasai Anak......................................................69

BAB 5 KONSEP DASAR KECERDASAN EMOSIONAL 73
A. Pengertian Kecerdasan Emosional................................................................ 73
B. Dimensi-dimensi Kecerdasan Emosional................................................90
C. Hambatan dalam Pengembangan Kecerdasan Emosional..........95

BAB 6 KEMAMPUAN MENGENAL EMOSI DIRI 101
A. Pengertian Kemampuan Mengenal Emosi Diri ................................. 101
B. Melabeli Emosi Anak.............................................................................................105
C. Mengenalkan Bahasa Emosi pada Anak....................................................111
D. Meminta Anak Memberi Nama Tingkah Laku......................................116

BAB 7 PENGEMBANGAN KEMAMPUAN ANAK MENGELOLA DAN MENGEKPRESIKAN EMOSI 119
A. Mengelola Emosi......................................................................................................119
B. Meminta Anak Memperagakan Emosi Tertentu................................ 123
C. Latihan Menunda Keinginan ..........................................................................129
D. Latihan untuk Berpikir Positif.........................................................................131
E. Latihan Antri............................................................................................................... 134

BAB 8 PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMOTIVASI DIRI 139
A. Kemampuan Memotivasi Diri.........................................................................139
B. Berpikir Positif...........................................................................................................149
C. Bermain Peran...........................................................................................................164

BAB 9 PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI EMOSI ORANG LAIN 173
Latihan Mengomentari Perasaan Orang Lain (Empati)........................ 173

BAB 10 PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBINA HUBUNGAN DENGAN ORANG LAIN 195
A. Latihan Berkomunikasi yang Membahagiakan Orang Lain........195
B. Berkomunikasi Positif Terhadap Orang Lain......................................200
C. Bermain Peran..........................................................................................................202
D. Latihan Berdialog...................................................................................................208
E. Latihan Kompromi..................................................................................................211
DAFTAR PUSTAKA 215
TENTANG PENULIS 219


Ketersediaan

B002533.1155.4 MAH ePERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia
B002533.2155.4 MAH ePERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
155.4 MAH e
Penerbit PRENADAMEDIA GROUP : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
14 x 20,5 cm; xiv + 220 hal.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
9786024229597
Klasifikasi
155.4
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
Cet. 1, Maret 2019
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this