Image of Statistika Inferensial untuk Psikologi Pendidikan

Statistika Inferensial untuk Psikologi Pendidikan



Perkembangan ilmu pengetahuan, termasuk Psikologi dan Pendidikan, tidak terlepas dari pelaksanaan penelitian kuantitatif maupun kualitatif. Salah satu tahapan dalam penelitian kuantitatif adalah menganalisis data yang diperoleh dari lapangan penelitian untuk membuktikan hipotesis-hipotesis yang diajukan. Pada tahapan ini pemahaman tentang Statistika Inferensial berperan penting sehingga peneliti dapat melakukan penarikan kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Alur di dalam buku ini memadukan konsep dan aplikasi beragam teknik pengujian hipotesis, baik dengan Statistika Parametrik maupun dengan Statistika Nonparametrik yang merupakan bagian-bagian dari Statistika Inferensial. Buku ini bertujuan membantu mahasiswa, khususnya dalam bidang Psikologi dan Pendidikan, serta pihak lain yang melakukan penelitian kuantitatif untuk dapat memahami dan menentukan teknik uji hipotesis yang tepat. Dengan demikian, kesimpulan penelitian yang dihasilkan akan dapat memperkaya khazanah ilmu pengetahuan.

BAB 1 HAKIKAT STATISTIKA INFERENSIAL…………………………………………………………………1
A. Pengertian Statistika Inferensial………………………………………………………………………….1
B. Peranan Statistika Inferensial……………………………………………………………………………….3
C. Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Analisis Data
dengan Statistika Inferensial………………………………………………………………………………..4
BAB 2 ESTIMASI PARAMETER……………………………………………………………………………………13
A. Konsep Estimasi Parameter……………………………………………………………………………….13
B. Distribusi Statistik………………………………………………………………………………………………..14
C. Estimasi Tentang Satu Mean……………………………………………………………………………..16
D. Estimasi Tentang Perbedaan Dua Mean…………………………………………………………20
E. Estimasi satu Proporsi…………………………………………………………………………………………23
BAB 3 HIPOTESIS………………………………………………………………………………………………………..27
A. Pengertian Hipotesis……………………………………………………………………………………………27
B. Macam-Macam Bentuk Hipotesis……………………………………………………………………..29
C. Error dalam pengujian Hipotesis………………………………………………………………………31
D. Prosedur dalam Pengujian Hipotesis………………………………………………………………33
BAB 4 STATISTIKA PARAMETRIK………………………………………………………………………………37
A. Pengujian Hipotesis Komparatif (dua kelompok sampel)…………………………..37
B. Pengujian Hipotesis Komparatif (> 2 kelompok sampel)……………………………47
C. Pengujian Hipotesis Korelasi……………………………………………………………………………..63
D. Analisis Regresi…………………………………………………………………………………………………….75

BAB 5 STATISTIKA NONPARAMETRIK………………………………………………………………………87
A. Pendahuluan…………………………………………………………………………………………………………87
A. PENGUJIAN HIPOTESIS DESKRIPTIF (SATU VARIABEL)……………………………………..89
B. PENGUJIAN HIPOTESIS KOMPARATIF (DUA KELOMPOK SAMPEL)………………..95
C. PENGUJIAN HIPOTESIS KOMPARATIF (> 2 KELOMPOK SAMPEL)………………. 115
D. PENGUJIAN HIPOTESIS KORELASI……………………………………………………………………. 124
E. ANALISIS REGRESI VARIABEL KATEGORIK……………………………………………………… 136
TUGAS ………………………………………………………………………………………………………………………..141
LAMPIRAN
Lampiran 1………………………………………………………………………………………………………………… 159
Lampiran 2………………………………………………………………………………………………………………… 163
Lampiran 3………………………………………………………………………………………………………………… 166
Lampiran 4………………………………………………………………………………………………………………… 171
Lampiran 5………………………………………………………………………………………………………………… 173
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………………………………………………..193
TENTANG PENULIS……………………………………………………………………………………………………….195


Ketersediaan

B002588.1310 RAN sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia
B002588.2310 RAN sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
310 RAN s
Penerbit Kencana : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
23 cm; 196 hal.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-422-098-3
Klasifikasi
310
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this