Detail Cantuman
Advanced Search
Text
PENERAPAN PUBLIC RELATIONS UPTD TAMAN WISATA BALEKAMBANG KOTA SURAKARTA DALAM MENINGKATKAN CITRA
MARDIYANTI.NIM. 11.12.1.1.014, Penerapan PublicRelations Dalam Meningkatkan Citra Taman Wisata Balekambang Kota Surakarata. Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah. IAIN Surakarta Tahun 2015.
Kata Kunci : Public Relations, Balekambang, dan Citra
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perhatian penulis terhadap Taman Wisata Balekambang yang merupakan warisan budaya Kota Solo yang dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII, sempat mengalami kehilangan fungsi dan penurunan citra setelah kepemilikan Taman Balekambang diambil alih oleh Pemerintah Daerah Kota Solo yaitu di tahun 1945.Kemudian dibentukllah UPTD Taman Wisata Balekambang di tahun 2009, dengan tujuan untuk mengembangkan potensi dan meningkatkan citra Taman Balekambag. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penerapan Public Relations UPTD Taman Wisata Balekambang Kota Surakarta dalam meningkatkan citra
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala UPTD Taman Wisata Balekambang, Staf Pendapatan, dan juga sekretaris Dinas Budaya Dan Pariwisata Kota Surakarta. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi kegiatan. Dalam keabsahan Data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yang dapa dilakukan dengan dengan dua cara yaitu membandingkan data hasil pengamatan dan hasil wawancara dan membandingkan data hasil wawancara dengan dokumen yang ada. Sedangkan teknik analisa data dalam penelitia ini menggunakan teknik reduksi, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini UPTD Taman Wisata Balekambang dalam meningkatkan citra menerapkan tiga hal, yang pertama menerapkanaktivitas Public Relations yaitu prinsip “every body is a PR”,setiap anggota (karyawan) mempengaruhi citra perusahaan,yang kedua menerapkan hubungan Public Relations yaitu menjalin hubungan dengan publik internal seperti karyawan, adapun hubunganyang dilakukan dengan cara mengadakan rapat rutin, menjenguk karyawan yang sedang sakit, dan hubungan dengan publik eksternal meliputi khalayak, pelanggan, pemerintah dan juga pers. Bentuk hubungan yang dilakukan dengan mengirim pres rilis, kunjungan pers, membuat baliho, promosi melalui siaran radio maupun televisi,mengirimkan kalender event, brosur atau kaset berbentuk CD,dan yang ketiga menerapkan model komunikasi Public Relationstwo way syimetricalyaitu UPTD Balekambang mampu memperbaiki citra buruk Taman Balekambang dengan cara menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan publiknya yaitu komunikasi dua arah yang saling menguntungkan.
Ketersediaan
SK100002.1 | 2X7.1 MAR p | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.1 MAR p
|
Penerbit | Fakulas Dawah dan Uhuluddin : Surakarta., 2015 |
Deskripsi Fisik |
30 cm; 90 hal.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.1
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain