Detail Cantuman
Advanced Search
KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
Penerapan Bauran Komunikasi Pemasaran Pemerintah desa Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisata Kampung Dolanan Sidowayah Polanharjo Klaten
ABSTRAK
NUR FATIMAH OKTAVIANI, NIM 131211010. Penerapan Bauran Komunikasi Pemasaran Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Kunjungan Wisata di Kampung Dolanan Sidowayah Polanharjo Klaten. Skripsi, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri Surakarta. 2017.
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pengelola dan pemerintah desa sidowayah dalam meningkatkan kunjungan wisata di Kampung Dolanan Sidowayah. Banyaknya obyek wisata di kota Klaten khususnya di Kampung Dolanan Sidowayah mengakibatkan persaingan antara obyek wisata tersebut dengan yang lainnya. Di Kampung Dolanan Sidowayah pengunjung diajak bermain outbound serta melestarikan permainan tradisional kembali. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti bagaimana penerapan komunikasi pemasaran yang yang dilakukan pengelola dan pemerintah desa dalam meningkatkan kunjungan wisata di Kampung Dolanan Sidowayah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif metode deskriptif. Metode deskriptif yaitu melakukan penelitian langsung secara intensif, observasi, wawancara yang mendalam, menggambarkan dan menyajikan sesuai fakta yang ada dilapangan. Peneliti dalam menggali informasi melakukan wawancara mendalam dengan pengelola Kampung Dolanan Sidwoyah dan pemerintah desa Sidowayah. Penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui penerapan bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan pengelola Kampung Dolanan Sidowayah.
Hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan kunjungan wisata di Kampung Dolanan Sidowayah. Penerapan komunikasi pemasaran yang dilakukan pemerintah desa dan pengelola untuk Kampung Dolanan Sidowayah yaitu periklanan , pemasaran langsung, hubungan masyarakat dan publikasi , pemasaran dari mulut ke mulut dan penjualan personal. Dalam memasarkan pariwisata periklanan yang dilakukan pengelola yaitu dengan menyebarkan brosur/ pamflet dan banner. Pemasaran langsung yang dilakukan yaitu adanya komunikasi secara langsung dengan calon konsumen sehingga tercipta pemahaman. Hubungan masyarakat dan publikasi yang dilakukan yaitu pemberitaan lewat koran, ikut meramaikan karnaval, melakukan publikasi lewat media sosial. Pemasaran dari mulut ke mulut yang dilakukan yaitu pengelola, pemerintah desa dan masyarakat saling bersinergi untuk mempromosikan Kampung Dolanan Sidowayah kepada masyarakat. Penjualan personal yang dilakukan yaitu persentasi ke sekolah-sekolah, lembaga atau instansi dan ikut meramaikan pameran. Pengelola dan pemerintah desa selalu berusaha untuk memaksimalkan bauran komunikasi pemasaran demi kemajuan Kampung Dolanan Sidowayah.
Kata kunci: Bauran Komunikasi Pemasaran, Kampung Dolanan Sidowayah
Ketersediaan
SK20184019.1 | 2X7.5 OKT p | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.5 OKT p) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.5 OKT p
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2018 |
Deskripsi Fisik |
111 hal.; 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.5
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain