Image of Penerapan Bauran Komunikasi Pemasaran Pemerintah desa Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisata Kampung Dolanan Sidowayah Polanharjo Klaten

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Penerapan Bauran Komunikasi Pemasaran Pemerintah desa Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisata Kampung Dolanan Sidowayah Polanharjo Klaten



ABSTRAK


NUR FATIMAH OKTAVIANI, NIM 131211010. Penerapan Bauran Komunikasi Pemasaran Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Kunjungan Wisata di Kampung Dolanan Sidowayah Polanharjo Klaten. Skripsi, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri Surakarta. 2017.


Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pengelola dan pemerintah desa sidowayah dalam meningkatkan kunjungan wisata di Kampung Dolanan Sidowayah. Banyaknya obyek wisata di kota Klaten khususnya di Kampung Dolanan Sidowayah mengakibatkan persaingan antara obyek wisata tersebut dengan yang lainnya. Di Kampung Dolanan Sidowayah pengunjung diajak bermain outbound serta melestarikan permainan tradisional kembali. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti bagaimana penerapan komunikasi pemasaran yang yang dilakukan pengelola dan pemerintah desa dalam meningkatkan kunjungan wisata di Kampung Dolanan Sidowayah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif metode deskriptif. Metode deskriptif yaitu melakukan penelitian langsung secara intensif, observasi, wawancara yang mendalam, menggambarkan dan menyajikan sesuai fakta yang ada dilapangan. Peneliti dalam menggali informasi melakukan wawancara mendalam dengan pengelola Kampung Dolanan Sidwoyah dan pemerintah desa Sidowayah. Penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui penerapan bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan pengelola Kampung Dolanan Sidowayah.
Hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan kunjungan wisata di Kampung Dolanan Sidowayah. Penerapan komunikasi pemasaran yang dilakukan pemerintah desa dan pengelola untuk Kampung Dolanan Sidowayah yaitu periklanan , pemasaran langsung, hubungan masyarakat dan publikasi , pemasaran dari mulut ke mulut dan penjualan personal. Dalam memasarkan pariwisata periklanan yang dilakukan pengelola yaitu dengan menyebarkan brosur/ pamflet dan banner. Pemasaran langsung yang dilakukan yaitu adanya komunikasi secara langsung dengan calon konsumen sehingga tercipta pemahaman. Hubungan masyarakat dan publikasi yang dilakukan yaitu pemberitaan lewat koran, ikut meramaikan karnaval, melakukan publikasi lewat media sosial. Pemasaran dari mulut ke mulut yang dilakukan yaitu pengelola, pemerintah desa dan masyarakat saling bersinergi untuk mempromosikan Kampung Dolanan Sidowayah kepada masyarakat. Penjualan personal yang dilakukan yaitu persentasi ke sekolah-sekolah, lembaga atau instansi dan ikut meramaikan pameran. Pengelola dan pemerintah desa selalu berusaha untuk memaksimalkan bauran komunikasi pemasaran demi kemajuan Kampung Dolanan Sidowayah.


Kata kunci: Bauran Komunikasi Pemasaran, Kampung Dolanan Sidowayah


Ketersediaan

SK20184019.12X7.5 OKT pPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.5 OKT p)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 OKT p
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
111 hal.; 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this