Detail Cantuman
Advanced Search
KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
Branding Museum Sangiran Sragen Sebagai citra Warisan Dunia (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran)
ABSTRAK
UswatunKhasanah (13.12.1.1.057) BRANDING MUSEUM SANGIRAN SRAGEN SEBAGAI CITRA WARISAN DUNIA (StudiDeskriptifKualitatifPadaKementerianPendidikandanKebudayaanBalaiPelestarianSitusManusiaPurba (BPSMP) Sangiran) Skripsi : JurusanKomunikasidanPenyiaran Islam, FakultasUshuluddindanDakwah, Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 2017.
Setiapperusahaan/lembaga/organisasiharusmelakukanbrandingkepadamasyarakat agar produk/barang/jasanyadikenalolehmasyarakat.Museum Sangiranadalahsebuahinstitusi yang aktifmemberikaninformasitentangduniamanusiadanlingkunganalamnya. Museum Sangiranmerupakansatu-satunya Museum di Indonesia yang ditetapkan UNESCO sebagaiSitusWarisanDuniadanSangiranmerupakansatu-satunyasitus yang menghasilkanpenemuanfosilmanusiapurbaHomo erectusterlengkapdanterbanyak di dunia. Olehkarenaitu, BPSMP Sangirandituntutmampumembrandingkan Museum Sangirankepadamasyarakatsupayamasyarakatmengenaldanberkunjungke Museum Sangiran.
Metodepenelitian yang digunakanadalahmetodedeskriptifkualitatif.Tujuanpenelitianadalahuntukmenggambarkanbranding Museum SangiranSragensebagaicitrawarisandunia.Teknikpengumpulan data dilakukandenganobservasi, wawancaradandokumentasi.Informanpenelitianadalahkepala BPSMP Sangiran, kepalaseksipemanfaatan, kepala sub bagiantatausaha, stafseksipemanfaatan, pengunjung, danwargaSangiran. Kemudianhasilpenelitiandisajikandalambentuktulisandeskriptif.
Hasilpenelitianiniadalah BPSMP Sangiranmelakukanjenis-jenisbrandinguntukmemperkenalkan Museum Sangirankepadamasyarakatdengancara : (1) product branding, produkbranding Museum Sangiran yang diciptakanoleh BPSMP Sangiranantara lain buku, jurnal, katalog, booklet, leaflet, baliho, benner, sms pop up, website, film animasidandokumenter, pameran, danpapanpetunjuk. (2) corporate branding, BPSMP Sangiranmelakukan program pemberdayaanmasyarakat, program kemitraan, sosialisasi, kerjasamadenganstasiuntelevisi, kerjasamadenganinstitusipendidikan, koordinasidenganstakeholder, lombalukisdanlombakaryatulisilmiah, penelitian-penelitiankajianmasyarakat, dankemahbudaya. (3) geographic/regional branding, bahwawilayahSangiran yang dikenaltermasukdalamSitusdanKawasanCagarBudaya, yang terdiridari 3 Kecamatan di KabupatenSragenyaituKecamatanKalijambe, GemolongdanPlupuhserta 1 Kecamatan di Karanganyar, yaituKecamatanGondangrejo (4) cultural branding, bahwa Museum SangiranmerupakanCagarAlam yang kinitelahdikembangkanmenjadi 4 klasterkunjungan (Krikilan, Bukuran, Ngebung, danDayu) dan 1 Museum lapangan (Manyarejo).
Kata Kunci :Branding, Museum Sangiran, Citra.
Ketersediaan
SK20184017.1 | 2X7.5 KHA b | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.5 KHA b) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.5 KHA b
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2018 |
Deskripsi Fisik |
100 hal., 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.5
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain