Image of Branding Museum Sangiran Sragen Sebagai citra Warisan Dunia (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran)

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Branding Museum Sangiran Sragen Sebagai citra Warisan Dunia (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran)



ABSTRAK

UswatunKhasanah (13.12.1.1.057) BRANDING MUSEUM SANGIRAN SRAGEN SEBAGAI CITRA WARISAN DUNIA (StudiDeskriptifKualitatifPadaKementerianPendidikandanKebudayaanBalaiPelestarianSitusManusiaPurba (BPSMP) Sangiran) Skripsi : JurusanKomunikasidanPenyiaran Islam, FakultasUshuluddindanDakwah, Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 2017.
Setiapperusahaan/lembaga/organisasiharusmelakukanbrandingkepadamasyarakat agar produk/barang/jasanyadikenalolehmasyarakat.Museum Sangiranadalahsebuahinstitusi yang aktifmemberikaninformasitentangduniamanusiadanlingkunganalamnya. Museum Sangiranmerupakansatu-satunya Museum di Indonesia yang ditetapkan UNESCO sebagaiSitusWarisanDuniadanSangiranmerupakansatu-satunyasitus yang menghasilkanpenemuanfosilmanusiapurbaHomo erectusterlengkapdanterbanyak di dunia. Olehkarenaitu, BPSMP Sangirandituntutmampumembrandingkan Museum Sangirankepadamasyarakatsupayamasyarakatmengenaldanberkunjungke Museum Sangiran.
Metodepenelitian yang digunakanadalahmetodedeskriptifkualitatif.Tujuanpenelitianadalahuntukmenggambarkanbranding Museum SangiranSragensebagaicitrawarisandunia.Teknikpengumpulan data dilakukandenganobservasi, wawancaradandokumentasi.Informanpenelitianadalahkepala BPSMP Sangiran, kepalaseksipemanfaatan, kepala sub bagiantatausaha, stafseksipemanfaatan, pengunjung, danwargaSangiran. Kemudianhasilpenelitiandisajikandalambentuktulisandeskriptif.
Hasilpenelitianiniadalah BPSMP Sangiranmelakukanjenis-jenisbrandinguntukmemperkenalkan Museum Sangirankepadamasyarakatdengancara : (1) product branding, produkbranding Museum Sangiran yang diciptakanoleh BPSMP Sangiranantara lain buku, jurnal, katalog, booklet, leaflet, baliho, benner, sms pop up, website, film animasidandokumenter, pameran, danpapanpetunjuk. (2) corporate branding, BPSMP Sangiranmelakukan program pemberdayaanmasyarakat, program kemitraan, sosialisasi, kerjasamadenganstasiuntelevisi, kerjasamadenganinstitusipendidikan, koordinasidenganstakeholder, lombalukisdanlombakaryatulisilmiah, penelitian-penelitiankajianmasyarakat, dankemahbudaya. (3) geographic/regional branding, bahwawilayahSangiran yang dikenaltermasukdalamSitusdanKawasanCagarBudaya, yang terdiridari 3 Kecamatan di KabupatenSragenyaituKecamatanKalijambe, GemolongdanPlupuhserta 1 Kecamatan di Karanganyar, yaituKecamatanGondangrejo (4) cultural branding, bahwa Museum SangiranmerupakanCagarAlam yang kinitelahdikembangkanmenjadi 4 klasterkunjungan (Krikilan, Bukuran, Ngebung, danDayu) dan 1 Museum lapangan (Manyarejo).

Kata Kunci :Branding, Museum Sangiran, Citra.


Ketersediaan

SK20184017.12X7.5 KHA bPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.5 KHA b)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 KHA b
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hal., 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this