Image of Strategi Komunikasi Komunitas Ketimbang Ngemis Solo Melalui Instagram Untuk Menarik Empati Masyarakat Solo

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Strategi Komunikasi Komunitas Ketimbang Ngemis Solo Melalui Instagram Untuk Menarik Empati Masyarakat Solo



ABSTRAK

MUSLIHATUL ARIFAH, NIM. 13.12.1.1.011, Strategi Komunikasi Komunitas Ketimbang Ngemis Solo Melalui Instagram Untuk Menarik Empati Masyarakat Solo.Skripsi, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam.Fakultas Ushuluddin dan Dakwah.IAIN Surakarta 2017.
Penelitian ini dilatarbelakangi dari penggunaan Instagram untuk menarik empati masyarakat Solo. Komunitas Ketimbang Ngemis Solo lebih memilih Instagram sebagai media komunikasi dari berbagai jenis adanya media sosial saat ini.Kurangnya kepedulian atau empati seseorang berkaitan dengan sifat terpuji yang dianjurkan dalam Islam.Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti bagaimana strategi komunikasi yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana strategi komunikasi yang dipakai oleh komunitas Ketimbang Ngemis Solo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan melakukan penelitian secara langsung, observasi secara mendalam serta menggambarkan dan menyajikan fakta yang ada di lapangan. Teknik analisis data dilakukan dengan menjabarkan hasil wawancara yang telah dilakukan.Aspek – aspek yang diperhatikan adalah penggunaan Instagram sebagai media komunikasi untuk menarik empati masyarakat.
Hasil dari penelitian ini adalah strategi yang dilakukan oleh komunitas ketimbang ngemis Solo sejalan dengan teori yang dikemukakan oleh Onong Uchyana Effendi. Yaitu meliputi 4 langkah yang meliputi dengan mengenali sasaran komunikasi, pemilihan media komunikasi, pengkajian tujuan pesan komunikasi, dan peran komunikator dalam komunikasi. Komunitas ketimbang ngemis Solo mengenali sasarannya yakni masyarakat umum terkhusus follower yang berwilayah Solo. Memilih media Instagram dengan memperhatikan caption, pemilihan gambar, serta timing yang digunakan. Selain itu publikasi informasi kegiatan dan laporan kegiatan. Pengkajian tujuan pesan komunikasi yang dilakukan yakni dengan teknik persuasi dengan menyelipkan kata – kata motivasi pada caption.Peran komunikator dalam komunikasi yakni admin Instagam yang memiliki daya tarik sumber dalam membuat caption mengunggah foto yang jelas. Serta memiliki kredibiltas sebagai bentuk kepercayaan komunitas kepada follower atau kepada donatur.



Kata Kunci:Strategi Komunikasi, Komunitas, Instagram, Empati Masyarakat Solo. 


Ketersediaan

SK20184009.12X7.5 ARI sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.5 ARI s)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 ARI s
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
125 hal.; 29 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this