Image of Startegi Komunikasi Program Jalan-jalan Neng Solo (J2NS) di Solo TV

Startegi Komunikasi Program Jalan-jalan Neng Solo (J2NS) di Solo TV



ABSTRAK
Abdul Aziz Alfiansyah. NIM 13.11.1.2.030. :”StrategiKomunikasiProgram Jalan-JalanNing Solo (J2NS) di Solo TV” Skripsi : JurusanKomunikasiPenyiaran Islam, FakultasUshuluddindanDakwah, Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 2018.
Pada era kemajuanteknologisepertiini, Televisimasihmendominasisebagaialatkomunikasimassapilihankhalayak. Program demi program televisi di manfaatkanbetulolehparapemiliktelevisi. Meskisudahadaperaturan yang mengaturtentangpenyiaran di Indonesia. Namunsayangnyamasihbanyakdaristaisuuntelevisi yang meng. sedikitdarimereka yang memanfaatkannyauntukkepentinganpribadi. Imbasdarihadirnyatelevisiadalahmulailunturnyakebudayaanasalbergantidengankebudayaan media massa. Program bernuansabudayalayakanya Program J2NS adalahsalahsatu program televisikomunitasmilik Solo TVyanghadiruntukmenyajikanbentuktayangankebudayaanasliasalkota Solo yang sekaranginisudahmulaipunah. StrategiKomunikasi yang tepattentusangatdibutuhkanoleh Solo TV dalamhalini.
Tujuanpenelitianiniadalah (1) untukmengetahuistrategikomunikasi yang digunakanoleh Solo TV dalammenghadirkan program J2NS. Dalampenelitianinidignakanmetodedeskriptifkualitatif. Tehnikpengumpulan data menggunakanmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi. Kemudianhasilpenelitiandisajikandalambentuktulisandeskriptif.
Hasildaripenelitianinimenunjukan Solo TV sebagaitelevisikomunitasdalammelakukanstrategikomunikasi program J2NS menggunakanstrategidengancaradiantaranya (1) mengenalkhalayak, Solo TV menyusunsegmentasikhalayakpemirsasejakawalpendirian Solo TV. Pemilihansegmentasikhalayakdidasarkanpadavisi&misi Solo TV. (2) pemilihan media komunikasi, media komunikasi yang digunakanoleh Solo TV adalah media yang berbentuktelevisi, tepatnyatelevisikomunitas. Jangkauandengar Solo TV terbatasdibantudenganpengelolaanwebstedan media social (3) pengkajiantujuanpesan. Pesan yang ingindisampaikanoleh Solo TV melalui program J2NS adalahpesan yang berisikebudayaan, pariwisata, dankulinerSoloraya, Pesan yang disampaikandalambentukgambardansuara(audio video), J2NS sendiritermasukjenis program produksiluar studio dan program karyaartistik. (4) perankomunikatordalamkomunikasi, komunikatordalam Program J2NS adalah Crew Solo TV yang terjunkelapanganmelakukanliputandanwawancaranarasumber yang sesuaidengantopikdibantudenganperan crew Editor.

Kata kunci: Televisi Komunitas, Strategi Komunikasi, Kebudayaan Lokal


Ketersediaan

SK20184007.12X7.5 ALF sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 ALF s
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
110 hal.; 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this