Detail Cantuman
Advanced Search
Startegi Komunikasi Program Jalan-jalan Neng Solo (J2NS) di Solo TV
ABSTRAK
Abdul Aziz Alfiansyah. NIM 13.11.1.2.030. :”StrategiKomunikasiProgram Jalan-JalanNing Solo (J2NS) di Solo TV” Skripsi : JurusanKomunikasiPenyiaran Islam, FakultasUshuluddindanDakwah, Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 2018.
Pada era kemajuanteknologisepertiini, Televisimasihmendominasisebagaialatkomunikasimassapilihankhalayak. Program demi program televisi di manfaatkanbetulolehparapemiliktelevisi. Meskisudahadaperaturan yang mengaturtentangpenyiaran di Indonesia. Namunsayangnyamasihbanyakdaristaisuuntelevisi yang meng. sedikitdarimereka yang memanfaatkannyauntukkepentinganpribadi. Imbasdarihadirnyatelevisiadalahmulailunturnyakebudayaanasalbergantidengankebudayaan media massa. Program bernuansabudayalayakanya Program J2NS adalahsalahsatu program televisikomunitasmilik Solo TVyanghadiruntukmenyajikanbentuktayangankebudayaanasliasalkota Solo yang sekaranginisudahmulaipunah. StrategiKomunikasi yang tepattentusangatdibutuhkanoleh Solo TV dalamhalini.
Tujuanpenelitianiniadalah (1) untukmengetahuistrategikomunikasi yang digunakanoleh Solo TV dalammenghadirkan program J2NS. Dalampenelitianinidignakanmetodedeskriptifkualitatif. Tehnikpengumpulan data menggunakanmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi. Kemudianhasilpenelitiandisajikandalambentuktulisandeskriptif.
Hasildaripenelitianinimenunjukan Solo TV sebagaitelevisikomunitasdalammelakukanstrategikomunikasi program J2NS menggunakanstrategidengancaradiantaranya (1) mengenalkhalayak, Solo TV menyusunsegmentasikhalayakpemirsasejakawalpendirian Solo TV. Pemilihansegmentasikhalayakdidasarkanpadavisi&misi Solo TV. (2) pemilihan media komunikasi, media komunikasi yang digunakanoleh Solo TV adalah media yang berbentuktelevisi, tepatnyatelevisikomunitas. Jangkauandengar Solo TV terbatasdibantudenganpengelolaanwebstedan media social (3) pengkajiantujuanpesan. Pesan yang ingindisampaikanoleh Solo TV melalui program J2NS adalahpesan yang berisikebudayaan, pariwisata, dankulinerSoloraya, Pesan yang disampaikandalambentukgambardansuara(audio video), J2NS sendiritermasukjenis program produksiluar studio dan program karyaartistik. (4) perankomunikatordalamkomunikasi, komunikatordalam Program J2NS adalah Crew Solo TV yang terjunkelapanganmelakukanliputandanwawancaranarasumber yang sesuaidengantopikdibantudenganperan crew Editor.
Kata kunci: Televisi Komunitas, Strategi Komunikasi, Kebudayaan Lokal
Ketersediaan
SK20184007.1 | 2X7.5 ALF s | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.5 ALF s
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2018 |
Deskripsi Fisik |
110 hal.; 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.5
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain