Detail Cantuman
Advanced Search
Terapi Bermain Untuk Meningkatkan Konsentrasi Pada Anak Autis di SD Al Firdaus Surakarta
ABSTRAK
Dwi Roudlotul Jannah, 13.12.2.1.065.Terapi Bermain untuk Meningkatkan Konsentrasi pada Anak Autis di SD Al – Firdaus Surakarta. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci : Terapi Bermain, Konsentrasi, Anak Autis
Bermain merupakan salah satu terapi untuk anak autis dengan kondisi anak antara lain Salah satunya anak autis dengan kondisi anak antara lain beberapa anak autis ada yang butuh waktu lama untuk memahami intruksi, ada anak autis yang lebih menyukai apa yang dia sukai, ketika dia belajar konsentrasinya mudah teralihkan. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pelaksanaan terapi bermain untuk meningkatkan konsentrasi di SD Al – Firdaus Surakarta.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskribtif. Teknik penelitian ini teknik pengamatan langsung, wawancara dan dokumentasi dari tiga subjek yaitu psikolog, terapis, dan guru pendamping.Subjek penelitian ini ialah tiga anak autis di SD Al – Firdaus Surakarta.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan terapi bermain di SD AL Firdaus Surakarta melalui tahapan pengkondisian anak, jenis permainan anak sesuai permasalahan dan karakteristik, pembimbing dari terapis, evaluasi .Dari ketiga subjek 1 minggu 2 kali dibawa ke ruang terapi untuk diberikan terapi bermaindiantaranya meronce, bola basket, menjelujur, penjepit jemuran, pengenalan gambar, menggunting acak, pengenalan angka, menebak warna dan puzzle. Dari ketiga subjek yang didapati oleh peneliti mengalami gangguan autis selain itu masing – masing dari mereka mengalami masalah dalam hal konsentrasi. Ada yang konsentrasi dibawah 5 menit, ada yang dibawah 10 menit bahkan ada yang dibawah 3 menit dalam menjalani proses terapi kadang kali terapis menghadapi tantangan dalam mengkondisikan serta menjalankan proses terapi kepada subjek seperti halnya kebiasaaan subjek yang suka melamun, kurang fokus suka memperhatikan hal yang lain ketika pembelajaran bahkan saat diterapi, dan terlalu aktif.
Ketersediaan
SK2018015.1 | 2X7.15 JAN t | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.15 JAN t
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2018 |
Deskripsi Fisik |
95 hal.; 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.15
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain