Image of Teknik Modeling Untuk Mendorong Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus (AUTIS) di Sekolah Luar Biasa Mitra Ananda Colomadu Karanganyar

Teknik Modeling Untuk Mendorong Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus (AUTIS) di Sekolah Luar Biasa Mitra Ananda Colomadu Karanganyar



ABSTRAK
MuhammadNikmatAgungWibowo, 13.12.2.1.122. Teknik Modeling UntukMendorongKemandirianAnak BerkebutuhanKhusus (Autis) Di SLB MitraAnandaColomaduKaranganyar.SkripsiJurusanBimbingan Dan Konseling Islam.FakultasUshuluddindanDakwah. IAIN Surakarta, Desember 2017

Matapelajaranbinadiri dengan teknik modelingmerupakankegiatanpembelajaranbagianakberkebutuhankhusus, mengingatanak-anakberkebutuhankhusustertentuada yang belumatautidakbisamandiridalamhalberpakaian, mandi, menggosokgigi, makan, danke toilet. Padahalhal-haltersebutmerupakankebutuhandasarmanusia yang paling mendasar. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan teknik modeling untuk mendorong kemandirian anak berkebutuhan khusus autis di Mitra Ananda Colomadu Karanganyar melalui mata pelajaran bina diri
Jenis penelitian yang digunakan adalahpenelitiankualitatif, penelitimelihat, mengobservasi, mengumpulkandanmenafsirkan data yang ada di lapangansebagaimanaadanyauntukkemudianmengambilkesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang kepala sekolah dan empat orang guru terapis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwateknik modeling yang diterapkan di Sekolah Luar Biasa Autis Center Mitra Ananda merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk mendorong aktivitas kemandirian sehari-hari dan aktivitas belajar dalam akademik. Dalam prosesnya tahapan pertama kali yang dilakukan adalah assesment sebagailangkahawaluntuk pembentukan program-program pembelajaran dan pengkategorian kelas yang akan di tempati anak autis sesuai dengan karakter disabilitasnya. Dalam proses pembentukanperilaku mandiri melalui teknik live modeling dan modeling simbolik, dimulai dari beberapa tahapan-tahapan yaitu, tahapan perhatian terhadap anak, setelah itu tahapan kepemilikan, kemudian tahapan produksi, dan yang terakhir pemberian penguatan.
Kata Kunci : Teknikmodeling, kemandirian, anak autis.


Ketersediaan

SK2018006.12X7.15 WIB tPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.15 WIB t
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
97 hal.; 29 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.15
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this