Detail Cantuman
Advanced Search
KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
CYBER BRANDING KOMUNITAS LASKARSEDEKAH YOGYAKARTA MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN BERSEDEKAH
ABSTRAK
MUHAMMAD EFENDI, NIM : 13.12.11.026. Cyber Branding Komunitas Laskarsedekah Yogyakarta Melalui Media Sosial Untuk Meningkatkan Bersedekah. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Surakarta. 2017.
Dewasa ini jumlah penggunaan media sosial yang semakin hari semakin meningkat membuat manusia akan ketergantungan dengan adanya media sosial. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam bersedekah ini sangat erat kaitannya dengan tingkat keimanan dan pengetahuan seseorang akan pentingnya sedekah itu sendiri. Sosialisasi akan pentingnya bersedekah diharapkan dilakukan oleh semua elemen umat islam untuk mensosialisasikan akan pentingnya bersedekah. Hal ini membuat komunitas laskarsedekah Yogyakarta mensosialisasikan akan pentingnya bersedekah melalui media sosial, ketidaksadaran masyarakat akan pentingnya bersedekah, setiap individu yang bekerja, mendapat penghasilan seharusnya memiliki kesadaran yang tinggi untuk bisa menafkahkan sebagian hartanya untuk yang membutuhkan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti bagaimana branding yang dilakukan komunitas laskarsedekah di media sosial. Judul penelitian ini adalah “Cyber Branding Komunitas Laskarsedekah Yogyakarta Melalui Media Sosial Untuk Meningkatkan Bersedekah”. Skripsi ini merupakan penelitian mengenai cyber branding. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana cyber branding yang lakukan komunitas laskarsedekah untuk meningkatkan bersedekah melalui media sosial.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yaitu dengan melakukan penelitian secara langsung, observasi secara mendalam serta menggambarkan dan menyajikan fakta yang ada di lapangan. Teknik analisis data dilakukan dengan menjabarkan hasil wawancara yang telah dilakukan. Aspek-aspek yang diperhatikan adalah penggunaan media sosial sebagai media branding untuk meningkatkan bersedekah.
Hasil penelitian ini menunjukkan dari semua informan yang digunakan dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa cyber branding yang dilakukan komunitas laskarsedekah yogyakarta di media media sosial untuk meningkatkan bersedekah dan mengajak khalayak untuk ikut andil dalam kegiatan komunitas laskarsedekah yaitu dengan publikasi foto-foto laporan kegiatan dilengkapi dengan desain dan caption yang bagus, publikasi informasi kegiatan laskarsedekah, program komunitas laskarsedekah dan lain sebagainya. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk dari cyber branding yang dilakukan komunitas laskarsedekah Yogyakarta untuk meningkatkan bersedekah melalui media sosial facebook, twitter dan instagram.
Kata Kunci : Cyber Branding, Media Sosial, Meningkatkan Bersedekah
Ketersediaan
SK201740022.1 | 2X7.5 EFE c c.1 | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.5 EFE c c.1) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.5 EFE c
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2017 |
Deskripsi Fisik |
80 hal. 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.5
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain