Image of STRATEGI MEDIA RELATIONS HOTEL LORIN SOLO DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

STRATEGI MEDIA RELATIONS HOTEL LORIN SOLO DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA



ABSTRAK

NIA NOVIANA. NIM. 13.12.1.1.050.Strategi Media Relations Hotel Lorin Solo dalam Mempertahankan Citra. Skripsi. JurusanKomunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. InstitutAgamaIslam Negeri Surakarta, 2017.

Skripsi ini berawal dari banyaknya Hotel baru yang ada di Solo, menimbulkan persaingan di bidang perhotelan. Hal ini membuat Hotel Lorin Solo berusaha untuk mendapatkan kepercayaan publiknya. Dengan banyaknya hotel yang berada di Solo ini Hotel Lorin Solo berusaha meningkatkan informasi melalui media. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti bagaimana strategi public relations yang digunakan. Judul penelitian ini adalah “Strategi Media Relations Hotel Lorin Solo Dalam Mempertahankan Citra. Skripsi ini merupakan penelitian mengenai public relations. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi media relations yang digunakan oleh public relations Hotel Lorin Solo dalam mempertahankan citra.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Tipe penelitian ini menggunakan tipe deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena dengan sedalam-dalamnya melalui pengumpulan data. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan yang diwawancarai adalah Public Relations Manager, Staf Marketing dan Staf Front Office Hotel Lorin Solo.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam mempertahankan citra Hotel Lorin Solo, public relations manager menggunakan strategi media relations yaitu dengan mengelola relasi, mengembangkan strategi dan mengembangkan jaringan. Public relations menjalin kerjasama dengan media seperti Solopos, Radarsolo, Joglosemar dan TATV Solo serta manjalin hubungan baik dengan media dari manapun. Selain itu kegiatan media relations yang dilakukan oleh Hotel Lorin Solo meliputi konferensi pers, press brefing, press release, special event, wawancara pers. Dengan begitu diketahui bahwa masing-masing peran sudah menjalankan fungsinya dengan baik sehingga tujuan dari keduabelah pihak dapat tercapai.


Kata Kunci : Strategi, Public Relations, Media Relations, Citra


Ketersediaan

SK201740019.12X7.5 NOV s c.1PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.5 NOV s c.1)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 NOV s
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
80 hal. 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this