Image of RESEPSI HADIST PADA BACAAN DZIKIR DALAM UPACARA KEMATIAN DI BATUR, TEGALREJO, CEPER, KLATEN

ILMU AL QUR'AN DAN TAFSIR

RESEPSI HADIST PADA BACAAN DZIKIR DALAM UPACARA KEMATIAN DI BATUR, TEGALREJO, CEPER, KLATEN



ABSTRAK
ResepsiHadispadaBacaanDzikirdalamUpacaraKematian di BaturTegalrejoCeperKlaten.Hadismerupakansalahsatusumberhukumdalam Islam yang dijadikanpatokandalammenjalanikehidupansehari-hari.Produksihadis yang terjadiribuantahunsebelummasuknya Islam ke Indonesia inimenjadikanadanyabentukpemaknaan (resepsi) baruatau yang berbedadariketikahadistersebutmuncul.Hal inimerupakansebuahresponmasyarakatterkaitdenganhadirnyahadis (tekshadis) di tengah-tengahkehidupanmereka, dalambahasaakdemisnyadisebut Living Hadis.Salah satucontoh Living Hadisterdapatpadatradisidzikirdalamupacarakematian di Batur.Penelitian yang berupa Living Hadisiniamatmenarikuntukditeliti, karena di dalamnyaterdapatsebuahperilaku yang disandarkanterhadaptekshadis yang terusdilakukanberulang-ulang (terus-menerus).Adapunpokokmasalahpenelitianiniadalahbagaimanapemaknaanmasyarakatmengenaibacaandzikirdalamupacarakematian.Masalahpokokini, kemudian, dirincimenjadiduasubmasalah: (1) bagaimanahubunganbacaandzikirdenganupacarakematian?, (2) bagaimanapemaknaanmasyarakatmengenaibacaandzikirdalamupacarakematian?
Penelitianinibersifatlapangan (field research).SumberprimernyaialahmasyarakatBatur, Tegalrejo, Ceper, Klaten yang penulisbagidalambeberapakelompok, yaitusesepuhdesa, tokoh agama, tokohmasyarakat, danwargabiasa (awam).Sementaraitu, sumbersekundernyadiambildariberbagaikitab, buku, jurnal, makalahilmiah yang membahasmasalah Living Hadis yang berkaitandenganmasalahpenelitianini.Adapunpendekatanatauparadigma yang digunakanadalahfenomenologidanteorifungsional.JadipenulisinginmengungkapbagaimanapemaknaanhadisolehmasyarakatBaturmelaluifungsibacaandzikirdalamupacarakematian.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatsalahsatutradisidzikirdalamupacarakematian di Batur yang dilakukandengancara yang berbedadari yang lain, yaitudzikir yang diputardarikasetkemudiandiperdengarkanmelaluipengerassuara.Kemudianantaradzikirdankematianseseorangterdapatketerkaitan. Bagi orang yang meninggalsesuatu yang paling dibutuhkanadalahdoa. Makatakheran, jikadalamsetiapupacarakematianpastisuara-suara yang memenuhilangit-langitrumahdukaialahbacaan al-Qur’an dandzikir.Dan yang menjadicirikhasdalamupacarakematian di Baturialahadanyabacaan-bacaandzikirtertentu yang disuarakan (diputar) terus-menerushinggamemasukiupacarapemberangkatanjenazah.Selainitujugabermanfaatbagi orang yang masihhidup (parapelayat), denganadanyadzikir yang terdengartersebutdiharapkanparapelayatmampumeresapimakna-maknadzikir, agar senantiasamendekatkandirikepada Allah dansadarbahwadirinyakelakjugaakanmengalamikematian.Hakikatdzikirdalamupacarakematian, dimaknaimacam-macamolehmasayarakatBatur. Selainberfungsiuntukmendoakanjenazah, dzikirtersebutmempunyaifungsi yang lain. Pertama, fungsisosial.Kedua, fungsipsikologis.Ketiga, fungsidakwah.Dan keempat, fungsipembelajaran.


Ketersediaan

SK201720024.12X1 SHO r c.1PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X1 SHO r c.1)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X1 SHO r
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
80 hal. 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X1
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this