Detail Cantuman
Advanced Search
PSIKOLOGI ISLAM
LEARNING AGILITY SISWA NON-ABK DI SEKOLAH INKLUSI SMA MUHAMMADIYAH 6 SURAKARTA
Rosyidah Nur Fauzi, 201141005, LEARNING AGILITY SISWA NON-ABK DI SEKOLAH INKLUSI SMA MUHAMMADIYAH 6 SURAKARTA, Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2024.
Interaksi antara siswa non-ABK dan ABK di lingkungan sekolah inklusi dapat memengaruhi perkembangan sosial dan emosional mereka. Penelitian ini penting dilakukan karena memahami dinamika tersebut sangat krusial untuk memastikan bahwa lingkungan inklusif mampu mendukung proses pembelajaran yang efektif dan memberikan dampak positif bagi semua peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran learning agility siswa non-ABK dalam lingkungan sekolah inklusi, mengetahui hal-hal yang mempengaruhi learning agility mereka, dan menganalisis bagaimana lingkungan sekolah inklusif dapat memfasilitasi atau menghambat perkembangan learning agility.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan dengan pendekatan fenomenologi. Peneliti memilih siswa non-ABK sebagi subjek dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah; Wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah Interpretative Phenomenological Analysis (IPA).
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa non-ABK memiliki beragam gambaran learning agility. Ketiga informan memiliki kemampuan beradaptasi yang baik di lingkungan inklusi, yang memungkinkan mereka untuk berinteraksi secara efektif baik secara interpersonal maupun dalam kelompok. Kemampuan ini turut mendukung mereka dalam membangun hubungan yang positif dengan siswa berkebutuhan khusus serta menyelesaikan tugas kelompok dengan lancar. Beberapa hal yang mempengaruhi learning agility siswa meliputi interaksi sosial dengan teman sekelas yang berkebutuhan khusus, dukungan guru. Temuan ini mengindikasikan bahwa learning agility yang dimiliki oleh siswa non-ABK menjadi faktor penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan kolaboratif. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan pembelajaran inklusif yang lebih efektif, terutama dalam memfasilitasi pertumbuhan learning agility semua siswa.
Kata Kunci: learning agility, siswa non-ABK, sekolah inklusi
Ketersediaan
SK202570009.1 | 2X7.150 | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2x7.150) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.150
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Sukoharjo., 2025 |
Deskripsi Fisik |
180 hal, 30cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.150
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
ROSYIDAH NUR FAUZI
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain