Image of PENGARUH TIKTOK TERHADAP MINAT BERKUNJUNG MAHASISWA MANAJEMEN DAKWAH KE DESTINASI PARIWISATA HALAL

MANAJEMEN DAKWAH

PENGARUH TIKTOK TERHADAP MINAT BERKUNJUNG MAHASISWA MANAJEMEN DAKWAH KE DESTINASI PARIWISATA HALAL



M. Abdul Faqih Kurnia. NIM: 201231024. Pengaruh TikTok Terhadap Minat Berkunjung Mahasiswa Manajemem Dakwah ke Destinasi Pariwisata Halal. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta. 2024.
Indonesia menjadi peringkat ke 2 dalam penggunaan media sosial TikTok tercatat sebanyak 112,97 juta pengguna per April 2023. Aplikasi TikTok dijadikan peluang promosi salah satunya adalah pariwisata halal yang sedang ramai diikuti oleh generasi Z dilihat dalam berbagai aspek baik kuliner, maupun rekomendasi tempat pariwisata yang memiliki berbagai fasilitas halal yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh TikTok terhadap minat berkunjung mahasiswa Manajemen Dakwah ke destinasi pariwisata halal. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 81 orang, dengan sampel adalah keseluruhan dari populasi yaitu 81 orang yang merupakan mahasiswa Manajemen Dakwah, berdasarkan kriteria penulis mahasiswa yang memilih peminatan Manajemen Pariwisata Islam (MPI) pada angkatan 2020-2022 UIN Raden Mas Said Surakarta. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non-probability sampling. Hasil penelitian adalah pada Teknik analisis data menggunakan analisis linier berganda. Hasil analisis linier sederhana adalah adanya peningkatan pada variabel minat berkunjung dengan nilai konstanta keadaan awal sebesar 20,805 yang bertambah dengan adanya pengaruh dari variabel TikTok (X) sebesar 0,605. Hal ini berarti terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel TikTok dan minat berkunjung. Sehingga menghasilkan h1 diterima dan h0 ditolak. Pengaruh TikTok terhadap minat berkunjung adalah 42,1% dilihat dari nilai R square 0,421. Saran yang diberikan penulis adalah agar TikTok mampu mengembangkan fitur dan memperlihatkan perbedaan pada klasifikasi mendalam pada pariwisata halal, selain itu terdapat saran pada penulis selanjutnya untuk mengetahui faktor lain yang menjadi penyebab minat berkunjung.

Kata Kunci: TikTok, Minat Berkunjung, Mahasiswa dan Pariwisata Halal.


Ketersediaan

SK202550007.12x6.3 KUR pPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X6.3)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2x6.3
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Sukoharjo.,
Deskripsi Fisik
118 hlm, 30 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2x6 .3
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this