Detail Cantuman
Advanced Search
MANAJEMEN DAKWAH
PENGARUH PROMOSI PARIWISATA DAN MOTIVASI WISATAWAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN KE MASJID LAWEYAN
Octavia Anggun Kurniawati. NIM: 191231008. Pengaruh Promosi Pariwisata dan Motivasi Wisatawan terhadap Minat Berkunjung Wisatawan ke Masjid Laweyan Program Studi Manajemen Dakwah. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta. 2024
Keanekaragaman destinasi wisata Indonesia tidak sebatas wisata alam, budaya, sejarah, dan kuliner saja, namun wisata religi juga mulai hidup dan digemari masyarakat Indonesia. Masjid Laweyan menjadi salah satu objek wisata religi yang menarik untuk dikunjungi, karena merupakan masjid tertua serta bersejarah yang termasuk cagar budaya. Promosi dan motivasi wisatawan merupakan hal penting karena dapat mempengaruhi minat berkunjung. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh promosi dan motivasi wisatawan terhadap minat berkunjung wisatawan ke Masjid Laweyan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 orang yang diambil dari populasi menggunakan rumus Lemeshow. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling artinya tidak memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi yang dipilih menjadi sampel. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada wisatawan yang pernah berkunjung ke Masjid Laweyan.
Hasil penelitian secara simultan menunjukkan hasil sig. 0,000 < 0,05 dengan nilai f-hitung 65,489 > f-tabel 3,090 artinya variabel promosi dan motivasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat berkunjung wisatawan. Kemudian secara parsial variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan, dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitug 5,108 > t-tabel 1,661. Variabel motivasi juga memberikan pengaruh positif dan signifikan, ditunjukkan dengan hasil sig. 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung 4,452 > t-tabel 1,661. Nilai koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 0,566 atau 56.6% artinya minat berkunjung wisatawan ke Masjid Laweyan dapat dijelaskan variabel promosi dan motivasi. Sedangkan sisanya sebesar 43.6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Promosi, motivasi, minat berkunjung
Ketersediaan
SK20250003.1 | 2X6.3 KUR p | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X6.3) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X6.3 KUR p
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Sukoharjo., 2025 |
Deskripsi Fisik |
77 hal, 30 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X6.3
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Octavia Anggun Kurniawati
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain