Image of PENGARUH PROMOSI PARIWISATA DAN MOTIVASI WISATAWAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN KE MASJID LAWEYAN

MANAJEMEN DAKWAH

PENGARUH PROMOSI PARIWISATA DAN MOTIVASI WISATAWAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN KE MASJID LAWEYAN



Octavia Anggun Kurniawati. NIM: 191231008. Pengaruh Promosi Pariwisata dan Motivasi Wisatawan terhadap Minat Berkunjung Wisatawan ke Masjid Laweyan Program Studi Manajemen Dakwah. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta. 2024
Keanekaragaman destinasi wisata Indonesia tidak sebatas wisata alam, budaya, sejarah, dan kuliner saja, namun wisata religi juga mulai hidup dan digemari masyarakat Indonesia. Masjid Laweyan menjadi salah satu objek wisata religi yang menarik untuk dikunjungi, karena merupakan masjid tertua serta bersejarah yang termasuk cagar budaya. Promosi dan motivasi wisatawan merupakan hal penting karena dapat mempengaruhi minat berkunjung. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh promosi dan motivasi wisatawan terhadap minat berkunjung wisatawan ke Masjid Laweyan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 orang yang diambil dari populasi menggunakan rumus Lemeshow. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling artinya tidak memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi yang dipilih menjadi sampel. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada wisatawan yang pernah berkunjung ke Masjid Laweyan.
Hasil penelitian secara simultan menunjukkan hasil sig. 0,000 < 0,05 dengan nilai f-hitung 65,489 > f-tabel 3,090 artinya variabel promosi dan motivasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat berkunjung wisatawan. Kemudian secara parsial variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan, dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitug 5,108 > t-tabel 1,661. Variabel motivasi juga memberikan pengaruh positif dan signifikan, ditunjukkan dengan hasil sig. 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung 4,452 > t-tabel 1,661. Nilai koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 0,566 atau 56.6% artinya minat berkunjung wisatawan ke Masjid Laweyan dapat dijelaskan variabel promosi dan motivasi. Sedangkan sisanya sebesar 43.6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Promosi, motivasi, minat berkunjung


Ketersediaan

SK20250003.12X6.3 KUR pPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X6.3)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X6.3 KUR p
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Sukoharjo.,
Deskripsi Fisik
77 hal, 30 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X6.3
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this