Image of PERSONAL BRANDING ABDUL MUHAIMIN ISKANDAR SEBAGAI 
TOKOH POLITIK MELALUI PLATFORM MEDIA SOSIAL  INSTAGRAM @CAKIMINNOW

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

PERSONAL BRANDING ABDUL MUHAIMIN ISKANDAR SEBAGAI TOKOH POLITIK MELALUI PLATFORM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @CAKIMINNOW



KHOIRUL HAQ MUHAMMAD REFAN. NIM. 201211171. Personal
Branding Abdul Muhaimin Iskandar Sebagai Tokoh Politik Melalui Platform Media Sosial Instagram @cakiminnow. Skripsi. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Jurusan Dakwah dan Komunikasi. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024.
Personal Branding merupakan proses di mana seseorang secara aktif membentuk dan mengelola persepsi publik tentang dirinya. Perkembangan media sosial yang masif membuat proses terbentuknya branding semakin mudah. Salah satu platform media sosial yang digunakan dalam membangun Personal Branding yaitu Instagram. Persaingan media sosial sebagai sarana branding saat ini sangat ketat. Salah satu tokoh politik yang memanfaatkannya adalah Abdul Muhaimin Iskandar, yang menggunakan Instagram untuk kegiatan personal branding. Dalam perjalanannya, Muhaimin Iskandar menampilkan citra politik yang berbeda pada periode-periode tertentu, terutama setelah pilpres tahun 2024 yang menimbulkan beragam persepsi di masyarakat. Latar belakangnya sebagai seorang tokoh politik dan juga sebagai tokoh agama, memberikan perbedaan dengan tokoh politik yang lain terutama dalam membentuk Personal Branding. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan Personal Branding Abdul Muhaimin Iskandar melalui media sosial Instagram @cakiminnow.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Analisis penelitian ini menggunakan konsep Personal Branding milik Peter Montoya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan dokumentasi, observasi dan studi pustaka. Serta teknik analisis data yang digunakan yaitu analisi isi kualitatif yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Muhaimin Iskandar telah berhasil membangun Personal Branding yang kuat sebagai pemimpin politik yang memiliki karakteristik unik dan berbeda dari politisi lainnya. Melalui Instagram pribadinya @cakiminnow Muhaimin Iskandar mampu menampilkan dirinya sebagai sosok yang tegas, ramah, dan peduli terhadap perkembangan zaman. Dengan latar belakangnya yang kuat sebagai santri dan aktivis, Muhaimin Iskandar berhasil menggunakan media sosial untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan masyarakat dan memperkuat citranya sebagai pemimpin yang berintegritas. Namun, untuk memperluas daya tariknya, Muhaimin Iskandar perlu memperlihatkan lebih banyak tindakan inklusif yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Dengan demikian, Personal Branding-nya akan semakin kuat dan lebih luas, menjadikannya pemimpin yang diterima dan dihargai oleh lebih banyak kalangan.
Kata kunci: Personal Branding, Abdul Muhaimin Iskandar, Instagram


Ketersediaan

SK202540033.12x7.5 KHO pPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2x7.5)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2x7.5 KHO p
Penerbit Fakulas Dawah dan Uhuluddin : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
124 hlm, 30 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2x7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this