Detail Cantuman
Advanced Search
KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
STRATEGI BRANDING PRACIMA TUIN MANGKUNEGARAN DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS MELALUI INSTAGRAM
Imtiyaz Huwaidah Yumna (20.12.11.159) Strategi Branding Pracima Tuin Mangkunegaran Dalam Membangun Brand Awareness. Skripsi. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Jurusan Dakwah dan Komunikasi. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024.
Kota Surakarta merupakan salah satu pusat wisata kuliner di Indonesia. Tidak hanya kuliner atau oleh-oleh legendaris yang terus ramai didatangi wisatawan, berbagai macam kuliner kekinian terus bersaing dipasaran dengan macam jenis rasa dan bentuk yang ditawarkan. Dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin modern pelaku bisnis kuliner terus mengembangkan kreatifitasnya untuk selalu menciptakan berbagai inovasi. Bukan hanya menekankan pada segi cita rasa dan penampilan tetapi konsep unik yang dimiliki oleh sebuah produk juga mampu menarik konsumennya untuk datang dan mencoba suatu merek baru. Sebagai destinasi wisata kuliner Indonesia yang ditetapkan oleh Kementrian Pariwisata, Kota Surakarta menjadi bidikan utama para pegiat kuliner Indonesia untuk membuka ladang bisnisnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena penulis ingin mendeskripsikan hasil penelitian dengan cara menuliskan kara-kata dan mendeskripsikan hasil dari wawancara maupun data yang diperoleh, dalam penelitian ini penulis mendeskripsikan bagaimana implementasi strategi branding Pracima Tuin Mangkunegaran dalam membangun brand awareness. Pracima Tuin Mangkunegaran membangun strategi brand positioning yang memadukan warisan sejarah dengan inovasi melalui storytelling, menjadikannya berbeda dari destinasi wisata lain dan memperkuat citranya sebagai pusat budaya di Solo. Identitas mereknya diciptakan melalui penekanan pada elemen arsitektur, kuliner, dan pengalaman yang menggabungkan tradisi dengan modernitas, menghasilkan daya tarik visual dan budaya yang bermakna bagi pengunjung. Dengan pendekatan visual dan edukatif, serta penggunaan media sosial seperti Instagram.
Pracima Tuin berhasil memperkenalkan budaya Mangkunegaran secara efektif, walau masih menghadapi tantangan dalam komunikasi reservasi. Pracima Tuin Mangkunegaran membangun strategi brand positioning yang memadukan warisan sejarah dengan inovasi melalui storytelling, menjadikannya berbeda dari destinasi wisata lain dan memperkuat citranya sebagai pusat budaya di Solo. Identitas mereknya diciptakan melalui penekanan pada elemen arsitektur, kuliner, dan pengalaman yang menggabungkan tradisi dengan modernitas, menghasilkan daya tarik visual dan budaya yang bermakna bagi pengunjung. Dengan pendekatan visual dan edukatif, serta penggunaan media sosial seperti Instagram, Pracima Tuin berhasil memperkenalkan budaya Mangkunegaran secara efektif
Kata kunci : Pracima Tuin Mangkunegaran, Branding, Strategi Branding
Ketersediaan
SK202540032.1 | 2X7.5 IMT s | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.5) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.5 IMT s
|
Penerbit | Fakulas Dawah dan Uhuluddin : Surakarta., 2025 |
Deskripsi Fisik |
99 hlm, 30 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.5
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Imtiyaz Huwaidah Yumna
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain