No image available for this title

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

STRATEGI BRANDING PRACIMA TUIN MANGKUNEGARAN DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS MELALUI INSTAGRAM



Imtiyaz Huwaidah Yumna (20.12.11.159) Strategi Branding Pracima Tuin Mangkunegaran Dalam Membangun Brand Awareness. Skripsi. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Jurusan Dakwah dan Komunikasi. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024.
Kota Surakarta merupakan salah satu pusat wisata kuliner di Indonesia. Tidak hanya kuliner atau oleh-oleh legendaris yang terus ramai didatangi wisatawan, berbagai macam kuliner kekinian terus bersaing dipasaran dengan macam jenis rasa dan bentuk yang ditawarkan. Dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin modern pelaku bisnis kuliner terus mengembangkan kreatifitasnya untuk selalu menciptakan berbagai inovasi. Bukan hanya menekankan pada segi cita rasa dan penampilan tetapi konsep unik yang dimiliki oleh sebuah produk juga mampu menarik konsumennya untuk datang dan mencoba suatu merek baru. Sebagai destinasi wisata kuliner Indonesia yang ditetapkan oleh Kementrian Pariwisata, Kota Surakarta menjadi bidikan utama para pegiat kuliner Indonesia untuk membuka ladang bisnisnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena penulis ingin mendeskripsikan hasil penelitian dengan cara menuliskan kara-kata dan mendeskripsikan hasil dari wawancara maupun data yang diperoleh, dalam penelitian ini penulis mendeskripsikan bagaimana implementasi strategi branding Pracima Tuin Mangkunegaran dalam membangun brand awareness. Pracima Tuin Mangkunegaran membangun strategi brand positioning yang memadukan warisan sejarah dengan inovasi melalui storytelling, menjadikannya berbeda dari destinasi wisata lain dan memperkuat citranya sebagai pusat budaya di Solo. Identitas mereknya diciptakan melalui penekanan pada elemen arsitektur, kuliner, dan pengalaman yang menggabungkan tradisi dengan modernitas, menghasilkan daya tarik visual dan budaya yang bermakna bagi pengunjung. Dengan pendekatan visual dan edukatif, serta penggunaan media sosial seperti Instagram.
Pracima Tuin berhasil memperkenalkan budaya Mangkunegaran secara efektif, walau masih menghadapi tantangan dalam komunikasi reservasi. Pracima Tuin Mangkunegaran membangun strategi brand positioning yang memadukan warisan sejarah dengan inovasi melalui storytelling, menjadikannya berbeda dari destinasi wisata lain dan memperkuat citranya sebagai pusat budaya di Solo. Identitas mereknya diciptakan melalui penekanan pada elemen arsitektur, kuliner, dan pengalaman yang menggabungkan tradisi dengan modernitas, menghasilkan daya tarik visual dan budaya yang bermakna bagi pengunjung. Dengan pendekatan visual dan edukatif, serta penggunaan media sosial seperti Instagram, Pracima Tuin berhasil memperkenalkan budaya Mangkunegaran secara efektif
Kata kunci : Pracima Tuin Mangkunegaran, Branding, Strategi Branding


Ketersediaan

SK202540032.12X7.5 IMT sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.5)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 IMT s
Penerbit Fakulas Dawah dan Uhuluddin : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
99 hlm, 30 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this