Detail Cantuman
Advanced Search
KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
CYBER BRANDING ARD SPORT SRAGEN MELALUI AKUN INSTAGRAM @ardsport_jerseyprinting DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS
RASENDRIYA HANDOKO. NIM. : 20.12.11.109. Cyber branding ARD Sport Sragen Melalui Akun Instagram @ardsport_jerseyprinting Dalam Meningkatkan Brand awareness. Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2024.
Industri jersey printing di Indonesia semakin berkembang seiring dengan meningkatnya kebutuhan pasar akan produk-produk yang memiliki desain unik dan personalisasi. Dalam persaingan yang semakin ketat, para pelaku usaha jersey printing berusaha untuk memanfaatkan berbagai strategi pemasaran agar dapat memperkenalkan brand mereka dan menarik perhatian konsumen. Salah satu platform yang paling efektif digunakan adalah media sosial, khususnya Instagram. Dalam hal ini, brand awareness atau kesadaran merek menjadi kunci utama dalam meningkatkan visibilitas dan daya tarik brand di platform tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi cyber branding yang dilakukan oleh ARD Sport melalui akun Instagram @ardsport_jerseyprinting dalam meningkatkan brand awareness.
Subjek penelitian ini adalah ARD Sport sebagai brand. Objek penelitian yang akan diteliti adalah Cyber branding ARD Sport Sragen Melalui Akun Instagramnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Menggunakan teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Teori yang digunakan yakni teori tiga “I” dari Deirdre Breakenridge yang meliputi information, interactivity, dan instinct.
Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan ARD Sport dalam upaya meningkatkan brand awareness melalui media online berusaha memberikan infomasi yang meliputi katalog jersey, kegiatan kerjasama, event, dan juga ucapan khusus. Melakukan interaktivitas dengan followersnya dengan aktif menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan di kolom komentar Instagram, ARD Sport juga melakukan tanya jawab dengan followersnya di WhatsApp link yang ada di bagian bio profil Instagram. Kemudian insting atau perbedaan ARD Sport berfokus pada penjualan desain jersey voli, dan juga berkolaborasi dengan atlet, dan Kualitas konten visual. Sesuai teori tiga “I” yang digunakan, ketiga hal tersebut dapat meningkatkan Brand Awareness melalui Cyber Branding di akun Instagram ARD Sport.
Kata Kunci: ARD Sport, Brand awareness, instagram
Ketersediaan
SK202540029.1 | 2X75 RAS c | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.5) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X75 RAS c
|
Penerbit | Fakulas Dawah dan Uhuluddin : Surakarta., 2025 |
Deskripsi Fisik |
77 hlm, 30 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X75
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
RASENDRIYA HANDOKO
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain