Detail Cantuman
Advanced Search
KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
PERSONAL BRANDING KOMIKA PEREMPUAN KIKY SAPUTRI MELALUI CHANNEL YOUTUBE KIKY SAPUTRI OFFICIAL
DINDA KHOTIJA UTAMI. NIM 201211099. Personal Branding Komika Perempuan Kiky Saputri Melalui Channel YouTube Kiky Saputri Official. Skripsi. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Jurusan Dakwah dan Komunikasi. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024.
Perkembangan berbagai media sosial saat ini memberikan peluang besar bagi persaingan personal branding yang dapat dimanfaatkan oleh siapa saja. Salah satunya Kiky Saputri yang melakukan personal branding melalui media YouTube dengan membagikan konten-konten yang menghibur, inspiratif, dan tetap menjadi diri sendiri (autentik). Menjadi keunggulan tersendiri bagi platform YouTube miliknya melalui keberagaman konten mengandung roasting dengan kreativitas dan eksplorasi ide yang dituangkannya melalui video. Kiky Saputri muncul sebagai sosok yang identik dengan "queen of roasting" sebuah julukan yang telah menjadi bagian melekat dari branding dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi pembentukan personal branding komika perempuan Kiky Saputri melalui channel YouTube Kiky Saputri Official.
Penelitian ini mengaplikasikan pendekatan analisis isi deskriptif kualitatif. Analisis dilakukan dengan merujuk pada 8 konsep personal branding Peter Montoya. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi digital, studi dokumentasi, dan studi pustaka. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis isi kualitatif dari Klaus Krippendorff yaitu penentuan unit, penyamplingan, pencatatan, pengurangan, pengambilan simpulan dan penarasian. Untuk memastikan keabsahan data pada penelitian ini menerapkan metode triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukan, bahwa bentuk personal branding Kiky Saputri melalui channel YouTube Kiky Saputri Official menonjolkan dirinya sebagai sosok "queen of roasting" yang memiliki kemampuan dalam bidang stand up comedy dan roasting dengan tetap menyuarakan isu-isu publik melalui komedi Sehingga, kritik yang disampaikan dapat diterima sebagai suatu humor positif. Sesuai dengan teori the eight laws personal branding yang dikemukakan Peter Montoya media sosial YouTube Kiky Saputri official berkiprah sebagai seorang komika dan content creator di bidang komedi hiburan dengan ciri khas yang menjadi pembeda dari channel lainnya. Kiky tampil sebagai sosok yang berani, cerdas, percaya diri, genit, blak-blakan dan mampu menyuarakan aspirasi para penontonnya. Kiky Saputri konsisten mengunggah konten mengandung tema stand up comedy, roasting dan politik di mana unggahan yang dibagikannya tersebut terkait erat dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang pernah dilakukannya sebagai guru. Akun YouTube channel Kiky Saputri Official sejak awal unggahannya sudah menampilkan video bertema roasting yang masih terus dilanjutkan hingga saat ini. Channel YouTube Kiky Saputri Official sudah memberikan kontribusi dan pengaruh positif bagi audiensnya.
Kata Kunci: Komika, Personal Branding, YouTube
Ketersediaan
SK202540027.1 | 2x7.5 DIN p | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.5) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2x7.5 DIN p
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2025 |
Deskripsi Fisik |
128 hlm, 30 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2x7.5
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
DINDA KHOTIJA UTAMI
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain