Image of STRATEGI KREATIF PENGELOLAAN AKUN INSTAGRAM @pobee.id DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

STRATEGI KREATIF PENGELOLAAN AKUN INSTAGRAM @pobee.id DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN



DIDIK SETYAWAN. NIM 181211136. Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Sanskara Project Wedding Organizer Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Klien. Skripsi. Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta 2024.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Sanskara Project melalui platform Instagram dalam rangka meningkatkan jumlah klien. Dengan latar belakang sebagai wedding dan event organizer, Sanskara Project memanfaatkan Instagram sebagai media utama untuk memperkenalkan layanan dan membangun interaksi dengan calon klien. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang melibatkan observasi akun Instagram Sanskara Project dan wawancara mendalam dengan pemilik serta beberapa klien terkait strategi pemasaran yang diterapkan.
Dalam analisis data, penelitian ini menggunakan teori AISAS (Attention, Interest, Search, Action, dan Share) untuk memahami tahapan yang dilalui oleh calon klien dalam merespons konten yang diunggah oleh Sanskara Project. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sanskara Project pada awalnya memanfaatkan berbagai fitur Instagram seperti posting reguler, penggunaan hashtag, dan sorotan (highlight) untuk menarik perhatian dan minat calon klien. Selain itu, Sanskara Project juga menggunakan fitur tag vendor dan hashtag yang relevan dengan industri wedding untuk memudahkan calon klien menemukan layanan mereka. Namun, pada akhir tahun 2023 hingga 2024, Sanskara Project mulai mengurangi frekuensi posting dan berhenti menggunakan hashtag, karena adanya perubahan fokus dari pemasaran digital ke pendekatan B2B yang lebih langsung. Pemilik Sanskara Project menyatakan bahwa strategi ini diterapkan untuk menjalin hubungan kerja sama dengan vendor dan partner, bukan hanya bergantung pada promosi di media sosial.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa perubahan strategi komunikasi pemasaran digital Sanskara Project berpengaruh pada engagement dan visibilitas di Instagram, namun diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan loyalitas klien melalui pendekatan kerjasama langsung dengan vendor (B2B). Temuan ini memberikan wawasan bagi para pelaku bisnis wedding dan event organizer lainnya dalam menyesuaikan strategi pemasaran digital sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis mereka.

Kata Kunci: Pemasaran Digital, Instagram, Strategi Komunikasi, Wedding Organizer, AISAS, Sanskara Project


Ketersediaan

SK202540005.12X7.5 SET sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2x7.5)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 SET s
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Sukoharjo.,
Deskripsi Fisik
127 hlm, 30 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this