Detail Cantuman
Advanced Search
BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM
IMPLEMENTASI PROGRAM KHUSUS BINA DIRI BAGI SISWA DIFABEL INTELEKTUAL DI SLB MANDIRI PUTRA JUMAPOLO KARANGANYAR
Aminatus Zuhriyah. NIM: 201221100. Implementasi Program Khusus Bina Diri Bagi Siswa Difabel Intelektual di SLB Mandiri Putra Jumapolo Karanganyar. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024.
Difabel Intelektual adalah anak yang mengalami keterbelakangan mental intelektual jauh dibawah rata-rata, sehingga mengalami kesulitan dalam melakukan tugas-tugas akademik, berkomunikasi, dan berinteraksi sosial. Siswa difabel intelektual mengalami kesulitan dalam kemandirian merawat dan mengurus diri dikarenakan keterbatasan yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan program khusus bina diri bagi siswa difabel intelektual di SLB Mandiri Putra Jumapolo Karanganyar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Triangulasi teknik dilakukan untuk menguji kredibilitas suatu data yang dilakukan dengan cara mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa teknik yang berbeda. Serta hasil penelitian ini dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penerapan program khusus bina diri di SLB Mandiri Putra meliputi beberapa tahap, yaitu: 1) tahap perencanaan berisi : pembinaan kepada tenaga pengajar dan penyusunan modul/rencana pelaksanaan pembelajaran, 2) tahap pelaksanaan menekankan bahwa materi untuk kelas 1 dan 2 berfokus pada materi merawat diri dan mengurus diri, 3) tahap evaluasi berisi : evaluasi kegiatan dan evaluasi program. Terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat program khusus bina diri. Faktor pendukung, yaitu : pengkonsepan perencanaan dan tenaga pengajar, lingkungan yang mendukung dan keaktifan siswa. Sedangkan faktor penghambatnya, antara lain : intelektual siswa, terbatasnya fasilitas dan lingkungan yang tidak mendukung.
Kata Kunci : Difabel Intelektual, Mandiri, Program Khusus Bina Diri
Ketersediaan
SK202530038.1 | 2X7.15 AMI i | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2x7.15) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.15 AMI i
|
Penerbit | Fakulas Dawah dan Uhuluddin : Surakarta., 2025 |
Deskripsi Fisik |
113 hlm, 30 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.15
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Aminatus Zuhriyah
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain