Image of IMPLEMENTASI PROGRAM KHUSUS BINA DIRI BAGI SISWA DIFABEL INTELEKTUAL DI SLB MANDIRI PUTRA JUMAPOLO KARANGANYAR

BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

IMPLEMENTASI PROGRAM KHUSUS BINA DIRI BAGI SISWA DIFABEL INTELEKTUAL DI SLB MANDIRI PUTRA JUMAPOLO KARANGANYAR



Aminatus Zuhriyah. NIM: 201221100. Implementasi Program Khusus Bina Diri Bagi Siswa Difabel Intelektual di SLB Mandiri Putra Jumapolo Karanganyar. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024.

Difabel Intelektual adalah anak yang mengalami keterbelakangan mental intelektual jauh dibawah rata-rata, sehingga mengalami kesulitan dalam melakukan tugas-tugas akademik, berkomunikasi, dan berinteraksi sosial. Siswa difabel intelektual mengalami kesulitan dalam kemandirian merawat dan mengurus diri dikarenakan keterbatasan yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan program khusus bina diri bagi siswa difabel intelektual di SLB Mandiri Putra Jumapolo Karanganyar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Triangulasi teknik dilakukan untuk menguji kredibilitas suatu data yang dilakukan dengan cara mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa teknik yang berbeda. Serta hasil penelitian ini dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penerapan program khusus bina diri di SLB Mandiri Putra meliputi beberapa tahap, yaitu: 1) tahap perencanaan berisi : pembinaan kepada tenaga pengajar dan penyusunan modul/rencana pelaksanaan pembelajaran, 2) tahap pelaksanaan menekankan bahwa materi untuk kelas 1 dan 2 berfokus pada materi merawat diri dan mengurus diri, 3) tahap evaluasi berisi : evaluasi kegiatan dan evaluasi program. Terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat program khusus bina diri. Faktor pendukung, yaitu : pengkonsepan perencanaan dan tenaga pengajar, lingkungan yang mendukung dan keaktifan siswa. Sedangkan faktor penghambatnya, antara lain : intelektual siswa, terbatasnya fasilitas dan lingkungan yang tidak mendukung.

Kata Kunci : Difabel Intelektual, Mandiri, Program Khusus Bina Diri


Ketersediaan

SK202530038.12X7.15 AMI iPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2x7.15)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.15 AMI i
Penerbit Fakulas Dawah dan Uhuluddin : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
113 hlm, 30 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.15
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this