Image of BIMBINGAN KLASIKAL DEMONSTRASI 
UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT BROS 
PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SLB CC1 SHANTI YOGA KLATEN

BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

BIMBINGAN KLASIKAL DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT BROS PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SLB CC1 SHANTI YOGA KLATEN



Fatiatis Sholihah. 201221083, Bimbingan Klasikal Demonstrasi untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Bros pada Siswa Tunagrahita di SLB CC1 Shanti Yoga Klaten. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi dari bimbingan klasikal demonstrasi dalam meningkatkan keterampilan membuat bros pada siswa tunagrahita di SLB CC1 Shanti Yoga Klaten.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner/angket dan dokumentasi. Adapun perhitungan skala menggunakan perhitungan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat kegiatan pra tindakan dan setelah melalui perhitungan, terbukti bahwa keterampilan siswa tunagrahita dalam membuat bros masih rendah yaitu dari 7 siswa terdapat 5 siswa berada pada kategori tidak terampil. Kemudian dilaksanakan tindakan siklus I yang menunjukkan peningkatan walaupun belum signifikan, yakni 3 dari 7 siswa sudah mulai mengalami peningkatan. Rata-rata persentase peningkatan yakni 43%, ini belum masuk ketetapan keberhasilan yang diinginkan. Pada siklus I siswa masih menunjukkan konsentrasi yang rendah, masih belum mengerti mengenai kegiatan yang dilakukan dan masih belum terlalu fokus. Kemudian pada siklus II terdapat 6 dari 7 siswa yang sudah mengalami peningkatan, rata-rata keseluruhan yakni sebesar 86%, hal ini sudah masuk ke dalam kriteria yang sudah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa bimbingan klasikal demonstrasi dapat berkontribusi dalam meningkatkan keterampilan membuat bros pada siswa tunagrahita. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya penerapan bimbingan klasikal demonstrasi sebagai salah satu strategi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan vokasional bagi siswa tunagrahita.

Kata kunci: bimbingan klasikal demonstrasi, keterampilan, siswa tunagrahita


Ketersediaan

SK202530036.12X7.15 SHO bPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.15 SHO b
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
117 hal, 30 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.15
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this