Detail Cantuman
Advanced Search
BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM
BIMBINGAN INDIVIDU DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENUMBUHKAN ADAPTASI SOSIAL PADA ANAK AUTIS
Alfiansyah Bayu Saputra (201221047), Bimbingan Individu dengan Teknik Modeling untuk Menumbuhkan Adaptasi Sosial pada Anak Autis. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Tahun 2024.
Anak autisme menghadapi tantangan dalam berinteraksi sosial dan mengembangkan kemampuan adaptasi sosial yang efektif. Bimbingan individu dengan teknik modeling merupakan strategi yang potensial untuk menumbuhkan kemampuan sosial anak autis. Tujuan yang diharapkan dari penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan bimbingan individu dengan teknik modelling dalam menumbuhkan adaptasi sosial pada anak autis di SLB Negeri Sukoharjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah 3 orang guru pendidik dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu guru pendidik anak autis ringan, menerapkan teknik modeling, mengajar anak autis lebih dari 1 tahun, Lulusan PLB (Pendidik Luar Biasa), bersedia untuk diteliti, dan mendapatkan izin dari kepala sekolah. Sedangkan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Penulis menggunakan Trianggulasi Sumber sebagai keabsahan data untuk mendapatkan data dari sumber yang berbeda-beda dengan teknik yang sama. Analisis data dalam penelitian kualitatif menggunakan tiga tahapan penting untuk memahami dan menginterpretasikan hasil penelitian. Pertama reduksi data, kedua penyajian data dan ketiga penarikan kesimpulan.
Bimbingan Individu Dengan Teknik modeling di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Sukoharjo dilakukan melalui berberapa tahapan meliputi: (1) Tahap perhatian, yaitu guru berusaha membuat anak autis konsentrasi terhadap stimulus yang akan diberikan; (2) Tahap retensi, yaitu tahap pemberian stimulus atau masukknya perilaku yang ingin diajarakan pada pengamat; (3) Tahap reproduksi, yaitu tahap memproduksi perilaku yang telah dipelajari dari model; (4) Tahap motivasi dan penguatan, yaitu tahap pemberian stimulus positif agar anak autis mampu mengingat dan mempertahankan hasil pembelajaran. Melalui tahapan-tahapan tersebut dapat membantu anak autis memiliki adaptasi sosial yang diperlukan untuk berinteraksi dengan orang lain.
Kata Kunci: Bimbingan Individu, Teknik modeling, Adaptasi Sosial, Anak Autis
Ketersediaan
SK202530031.1 | 2X7.15 SAP b | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH (2X7.15) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.15 SAP b
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2025 |
Deskripsi Fisik |
175 hal, 30 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.15
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
ALFIANSYAH BAYU SAPUTRA
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain