Image of Komunikasi Persuasif Marissa Anita Dalam Channel YouTube The GreatmindTopik Society Media Digital (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure)

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Komunikasi Persuasif Marissa Anita Dalam Channel YouTube The GreatmindTopik Society Media Digital (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure)



Salah satu bentuk perkembangan teknologi yaitu maraknya aplikasi media sosial yang banyak beredar di kalangan khalayak. Seiring berjalannya waktu maraknya penggunaan media sosial malah menimbulkan masalah yang berkaitan dengan perasaan psikologis seseorangyang membawa dampak buruk bagi khalayak. Kurangnya edukasi terkait penggunaan media sosial menjadi faktor timbulnya masalah tersebut. Salah satu channel YouTube yang mengedukasi terkait penggunaan media sosial yaitu channel The Greatmind yang disampaikan Marissa Anita dengan membagikan setiap pengalamannya terkait penggunaan media sosial guna meminimalisir masalah yang ditimbulkan akibat penggunaan media sosial. Makan tujuan yang ingin peneliti capai yaitu untuk mendeskripsikan komunikasi persuasif yang digunakan Marissa Anita Dalam Channel YouTubeThe Greatmind Topik Society Media Digital ditinjau dengan Semiotika Ferdinand De Saussure.
Berdasarkan pernyataan tersebut, lewat penelitian ini peneliti bermaksud menjawab pertanyaan bagaimana Komunikasi Persuasif Marissa Anita Dalam Channel YouTube The Greatmind Topik Society Media Digital, Analisis Ferdinand De Saussure?. Dalam penelitian ini penulis menggunakanpendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui studi dokumentasi serta studi pustaka yaitu dengan mengumpulkan data-data dari literature dan konten yang terkait. Sedangkan metode penulisan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik analisis data menggunakan semiotika Ferdinand De Saussure dan komunikasi persuasif.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya teknik komunikasi persuasif yang digunakan Marissa Anita dalam menyampaikan pesan pada video puasa media sosial, digital minimalism dan fomo. Dari ketiganya, video berjudul fomo memenuhi kelima elemen komunikasi persuasif yakni cognitive dissonance, assosiation, pay off and pay hearing, empathy dan packing. Sedangkan dua video lainya hanya memenuhi empat elemen dan tidak terdapat teknikassosiationdi dalamnya
Kata kunci : Komunikasi persuasif, Semiotika Ferdinand De Saussure, Marissa Anita,YouTube The Greatmind


Ketersediaan

SK202440172.12X7.5 RUS kPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 RUS k
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hal, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this