Detail Cantuman
Advanced Search
KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
Marketing Politik Ganjar Pranowo Di Media Sosial TikTok Guna Meningkatkan Citra Positif
Aviva Sistyani (20.12.11.145), Marketing Politik Ganjar Pranowo Di Media Sosial TikTok Guna Meningkatkan Citra Positif. Skripsi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2024.
Di media sosial, ketiga capres bersaing dalam konten politik sebagai strategi marketing politik. Ganjar Pranowo mengalami penurunan citra secara terus menerus di media sosial dan media berita. Konten politik yang diunggah oleh aktor politik di media sosial menciptakan bias dan perbedaan sudut pandang dalam pemahaman pesan politik oleh Masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran politik Ganjar Pranowo di TikTok untuk meningkatkan citra positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan marketing politik Ganjar Pranowo di media sosial TikTok guna meningkatkan citra positif.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian analisis isi kualitatif, dengan didukung data kualitatif. Data primer berasal dari akun media sosial TikTok yang digunakan Ganjar Pranowo yaitu @ganjarpranowo. Sedangkan data sekunder berasal dari literatur lain yang relevan, seperti buku, artikel, dan penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data meliputi observasi digital, dokumentasi, dan studi pustaka. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan analisisnya menggunakan teknik analisis isi.
Hasil penelitian menunjukkan jika marketing politik yang dilakukan Ganjar Pranowo di media sosial TikTok pada akun @ganjarpranowo tidak berhasil memberikan kemenangan baginya pada pilpres 2024 dan citra positifnya tidak dapat meningkat. segmentation-nya sangat menonjolkan tren TikTok disertai dengan pesan politik yang disampaikan kepada Masyarakat. Targeting-nya yaitu seluruh lapisan Masyarakat, terutama generasi Z. Terakhir, positioning walaupun Ganjar aktif mengunggah konten yang beragam, namun tidak berhasil dilakukan. Kemudian kaitannya dengan citra, dapat diidentifikasi bahwa Ganjar menampilkan citra bayangan (mirror image), citra kini (current image), citra yang diinginkan (wish image), dan citra penampilan (performance image) pada akun media sosial TikTok @ganjarpranowo.
Kata kunci: marketing politik, media sosial, citra
Ketersediaan
SK202440166.1 | 2X7.5 AVI m | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.5 AVI m
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
Deskripsi Fisik |
100 hal, 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.5
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Aviva Sistyani
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain