Image of Strategi Komunikasi Pemasaran Pokdarwis Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Desa Wisata Sumberbulu, Mojogedang, Kabupaten Karanganyar

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Strategi Komunikasi Pemasaran Pokdarwis Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Desa Wisata Sumberbulu, Mojogedang, Kabupaten Karanganyar



Amalia Septia Budiyarti (20.12.11.117), Strategi Komunikasi Pemasaran Pokdarwis Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Desa Wisata Sumberbulu, Mojogedang, Kabupaten Karanganyar. Skripsi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Ilsam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2024.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Pokdarwis dalam meningkatkan jumlah pengunjung Desa Wisata Sumberbulu, Mojogedang, Kabupaten Karanganyar. Desa Wisata Sumberbulu merupakan sebuah desa wisata yang berkonsep kearifan lokal yang berbasis pemberdayaan masyarakat yang dikelola oleh Pokdarwis Dusun Sumberbulu. Saat ini Desa Wisata Sumberbulu sedang mengalami penurunan jumlah pengunjung, maka diperlukan langkah berupa strategi pemasaran yang tepat guna mencapai tujuan yang diharapkan.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini berupa data lisan yaitu hasil wawancara yang berisi mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Pokdarwis Dusun Sumberbulu.

Hasil dari penelitian ini adalah Pokdarwis Dusun Sumberbulu selaku pengelola Desa Wisata Sumberbulu telah melakukan strategi komunikasi pemasaran dalam upaya untuk meningkatkan jumlah pengunjung meliputi periklanan, hubungan masyarakat, penjualan perorangan, promosi penjualan, dan pemasaran online. Saat ini dalam upaya tersebut yang dominan dilakukan oleh Pokdarwis adalah hubungan masyarakat, penjualan perorangan, serta periklanan. Beberapa kegiatan tersebut berupa penyebaran brosur, pengadaan event-event, serta melakukan kerjasama dengan beberapa pihak eksternal berkaitan dengan promosi dan pemasaran desa wisata. Namun dalam upaya tersebut masih perlu untuk dimaksimalkan lagi oleh Pokdarwis seperti pada media sosial Instagram yang saat ini masih kurang variatif dan terjadwal dalam mengunggah informasi dan konten, baik berupa foto maupun video, serta adanya pemasangan baliho. Hal tersebut akan sangat membantu Pokdarwis dalam mempromosikan Desa Wisata Sumberbulu, sehingga lebih banyak masyarakat yang nantinya mengetahui Desa Wisata Sumberbulu dengan harapan terbesarnya adalah dapat berkunjung dan menikmati wisata yang ada.

Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Pokdarwis, Desa Wisata


Ketersediaan

SK202440164.12X7.5 AMA sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 AMA s
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hal, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this