Detail Cantuman
Advanced Search
KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
Strategi Komunikasi Pemasaran Pokdarwis Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Desa Wisata Sumberbulu, Mojogedang, Kabupaten Karanganyar
Amalia Septia Budiyarti (20.12.11.117), Strategi Komunikasi Pemasaran Pokdarwis Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Desa Wisata Sumberbulu, Mojogedang, Kabupaten Karanganyar. Skripsi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Ilsam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2024.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Pokdarwis dalam meningkatkan jumlah pengunjung Desa Wisata Sumberbulu, Mojogedang, Kabupaten Karanganyar. Desa Wisata Sumberbulu merupakan sebuah desa wisata yang berkonsep kearifan lokal yang berbasis pemberdayaan masyarakat yang dikelola oleh Pokdarwis Dusun Sumberbulu. Saat ini Desa Wisata Sumberbulu sedang mengalami penurunan jumlah pengunjung, maka diperlukan langkah berupa strategi pemasaran yang tepat guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini berupa data lisan yaitu hasil wawancara yang berisi mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Pokdarwis Dusun Sumberbulu.
Hasil dari penelitian ini adalah Pokdarwis Dusun Sumberbulu selaku pengelola Desa Wisata Sumberbulu telah melakukan strategi komunikasi pemasaran dalam upaya untuk meningkatkan jumlah pengunjung meliputi periklanan, hubungan masyarakat, penjualan perorangan, promosi penjualan, dan pemasaran online. Saat ini dalam upaya tersebut yang dominan dilakukan oleh Pokdarwis adalah hubungan masyarakat, penjualan perorangan, serta periklanan. Beberapa kegiatan tersebut berupa penyebaran brosur, pengadaan event-event, serta melakukan kerjasama dengan beberapa pihak eksternal berkaitan dengan promosi dan pemasaran desa wisata. Namun dalam upaya tersebut masih perlu untuk dimaksimalkan lagi oleh Pokdarwis seperti pada media sosial Instagram yang saat ini masih kurang variatif dan terjadwal dalam mengunggah informasi dan konten, baik berupa foto maupun video, serta adanya pemasangan baliho. Hal tersebut akan sangat membantu Pokdarwis dalam mempromosikan Desa Wisata Sumberbulu, sehingga lebih banyak masyarakat yang nantinya mengetahui Desa Wisata Sumberbulu dengan harapan terbesarnya adalah dapat berkunjung dan menikmati wisata yang ada.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Pokdarwis, Desa Wisata
Ketersediaan
SK202440164.1 | 2X7.5 AMA s | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.5 AMA s
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
Deskripsi Fisik |
100 hal, 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.5
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Amalia Septia Budiyarti
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain