Image of Personal Branding Dr. Ginanjar Rahmwan melalui media sosial Instagram @ginanjarrahmawan

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Personal Branding Dr. Ginanjar Rahmwan melalui media sosial Instagram @ginanjarrahmawan



Ahmad Syafiq Arsalan. NIM 20.12.11.019. Personal Branding Dr. Ginanjar Rahmwan melalui media sosial Instagram @ginanjarrahmawan. Program Studi Komunikasi Penyiaran dan Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024
Instagram sebagai media sosial dengan pengguna paling banyak ke-2 dimanfaatkan untuk aktivitas individu dalam hal memperkenalkan diri atau dikenal oleh publik disebut dengan istilah personal branding. Salah satu content creator yang telah memanfaatkan kehadiran media sosial Instagram untuk kegiatan personal branding adalah Dr. Ginanjar Rahmawan atau disapa Dr. Gin. Dr. Gin dikenal sebagai content creator edukasi di Instagram yang memiliki spesialisasi di bidang metodologi penelitian untuk Skripsi, Tesis ataupun Disertasi. Terdapat banyak content creator dari kalangan akademisi saat ini sehingga terdapat adanya persaingan. Yang membedakan, perilaku Dr. Gin yang ditampilkan melalui akun Instagram @ginanjarrahmawan merepresentasikan akademisi yang ekspresif dan tidak konvensional, sehingga terlihat adanya kesenjangan dengan perilaku dosen pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan personal branding yang dilakukan Dr. Ginanjar Rahmawan melalui media sosial Instagram @ginanjarrahmawan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi deskriptif kualitatif. Analisis dilakukan dengan menggunakan 8 aspek personal branding milik Peter Montoya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi digital, dokumentasi, dan studi pustaka. Serta teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif dari Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan, dari 8 aspek personal branding dari Peter Montoya ditemukan 7 aspek yang melekat pada personal branding Dr. Ginanjar Rahmawan. Namun, dalam konten-kontennya tidak ditemukan aspek kesatuan karena Dr. Gin tidak menampilkan kesamaan nilai yang ditampilkan kepada publik dengan kehidupan pribadi. Bentuk personal branding Dr. Ginanjar Rahmawan melalui media sosial Instagram menunjukkan fokusnya pada konten yang memenuhi kebutuhan pengikut media sosial Instagram utamanya di kalangan mahasiswa. Kekuatan personal branding Dr. Gin ada pada aspek spesialsiasi dan perbedaan. Dr. Gin menunjukkan spesialisasinya sebagai content creator di bidang edukasi terkait metodologi penelitian untuk skripsi, tesis, dan disertasi. Terkait pada bidang tersebut Dr. Gin mencetuskan metode dalam mempermudah penyusunan proposal penelitian yaitu RMC (Research Model Canvas) yang mana ini menjadi ciri khas dari Dr. Gin. Dan pada aspek perbedaan, di konten-konten relevan tentang dunia perkuliahan, Dr. Gin selalu menampilkan dirinya sebagai sosok akademisi yang ekspresif dan tidak konvensional, hal ini terlihat dari konten-kontennya yang selalu mengkuti trend humor media sosial yang menjadi pembeda dengan content creator dari kalangan yang sama. Akun Instagram @ginanjarrahmawan dalam memproduksi konten selalu membawa pengetahuan baru dan hiburan bagi audiens.
Kata Kunci: Personal Branding, Dr. Gin, Instagram


Ketersediaan

SK202440152.12X7.5 AHM pPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 AHM p
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this