Detail Cantuman
Advanced Search
KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
Strategi Branding Public Lorin Solo Hotel untuk Mempertahankan Brand Image
Ema Rahmawati, NIM 19.121.1.110 Strategi Branding Public Lorin Solo Hotel untuk Mempertahankan Brand Image. Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Jurusan Dakwah dan Komunikasi. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024
Lorin Solo Hotel merupakan salah satu hotel tertua di Kota Surakarta yang masih eksis hingga saat ini. Dalam mempertahankan eksistensi tersebut, tentunya dibutuhkan strategi agar tujuan itu tercapai. Public Relations juga berperan sebagai marketing komunikasi, memegang peranan penting dalam mewujudkan tujuan tersebut. Ditengah persaingan hotel modern yang makin ketat di Kota Surakarta, Lorin Solo Hotel masih terus bertahan dengan brand image sebagai hotel Bintang 5 dengan konsep jawa klasik di tengah kota. Inilah yang menjadi tantangan agar Lorin Solo Hotel bisa terus eksis dan menarik bagi wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi branding yang diterapkan oleh Lorin Solo Hotel dalam mempertahankan brand image di tengah persaingan bisnis perhotelan yang ketat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Untuk memastikan keabsahan data, digunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dengan menggunakan kerangka teori strategi branding oleh Gelder, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana Lorin Solo Hotel mengimplementasikan empat elemen utama strategi branding: brand positioning, brand identity, brand personality, dan brand communication.
Hasil penelitian menunjukan strategi branding yang dilakukan Lorin Solo Hotel sebagai berikut : brand positioning yang ingin dicapai Lorin adalah menjadi satu - satunya hotel dan resort premium bintang 5 terluas dengan fasilitas terkomplit di Kota Surakarta. Kedua, brand identity Lorin Solo Hotel terbagi menjadi 3 yaitu logo, tagline, dan atribut perusahaan. Ketiga, brand positioning Lorin Solo Hotel mengutamakan nilai – nilai kekeluargaan atau disebut sincerity. Keempat, Lorin Solo Hotel melakukan strategi brand commmunication dengan melalui sales promotion, events, public relations, direct marketing (pengiriman brosur, surat, telp, fax, atau email), corporate sponsorship yaitu penawaran produk atau jasa dengan bekerja sama dengan perusahaan lain sebagai sponsor, dan advertising yaitu melalu iklan di media cetak maupun digital
Kata kunci: strategi branding, public relations, brand image
Ketersediaan
SK20244040149.1 | 2X7.5 EMA s | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.5 EMA s
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
Deskripsi Fisik |
100 hlm, 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.5
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Ema Rahmawati
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain