Detail Cantuman
Advanced Search
KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
Strategi Pengelolaan Akun Instagram @pmisurakarta_ Sebagai Media Informasi Publikasi
Septarina ‘Aisya Putri, NIM 18.121.1.68. Strategi Pengelolaan Akun Instagram @pmisurakarta_ Sebagai Media Informasi Publikasi. Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Jurusan Dakwah dan Komunikasi. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024.
Peneliti memilih judul ini karena untuk mengetahui pentingnya memahami bagaimana platform media sosial, khususnya Instagram, dapat digunakan sebagai alat yang efektif dalam menyebarkan informasi akurat sekaligus dapat memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis strategi pengelolaan akun @pmisurakarta_ sebagai media informasi publikasi melalui pemanfaatan media sosial.
Skripsi ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, dengan mengumpulkan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi untuk mendeskripsikan strategi pengelolaan akun Instagram @pmisurakarta_. Teknik pengabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi data dengan membandingkan menggunakan Teori yang digunakan, hingga kemudian diolah menjadi deskriptif. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dalam bentuk teks naratif dan sajian dokumentasi, terakhir penarikan kesimpulan dari sajian data yang telah dipaparkan dan dianalisis yang kemudian dijabarkan melalui deskripsi.
Penelitian menggunakan teori 4C dari Chris Heuer yang didalamnya menunjukkan empat strategi pengelolaan media sosial yaitu, Context, Communication, Collaboration, dan Connection. Hasil dari penelitian ini menggambarkan lebih dalam mengenai strategi pengelolaan akun Instagram @pmisurakarata_ sebagai media informasi publikasi dan membangun interaksi yang efektif dengan audiens. Dengan demikian, penelitian ini memiliki kontribusi dalam memahami bagaimana media sosial, khususnya akun Instagram, dapat digunakan sebagai alat untuk menyebarkan informasi yang akurat. Informasi disampaikan dalam bentuk foto, video, dan infografis, yang disertai dengan keterangan ataupun rilis guna memperjelas maksud dan isi dari video, foto, dan infografis tersebut.
Kata Kunci : Strategi Pengelolaan, Instagram, Informasi Publikasi
Ketersediaan
SK202440146.1 | 2X7.5 SEP s | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.5 SEP s
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
Deskripsi Fisik |
100 hlm, 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.5
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Septarina ‘Aisya Putri
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain