Detail Cantuman
Advanced Search
KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
Brand Activation Program Obrolan Serap Aspirasi dalam Membentuk Citra Radio Visual di RSPD Klaten
Amiruddin Yusuf Fathoni, NIM. 181211127 Brand Activation Program Obrolan Serap Aspirasi dalam Membentuk Citra Radio Visual di RSPD Klaten. Skripsi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta 2024.
Radio sebagai media komunikasi massa memiliki eksistensi yang rentan jika
dibandingkan media elektronik lain seperti televisi dan media digital lainnya. Namun eksistensi radio masih kental di Kota Klaten. Radio yang semula hanya on air melalui frekuensi radio saja, saat ini mulai beranjak ke radio visual. Seperti halnya RSPDFM Klaten, program-program yang ada disajikan (talk show) disiarkan langsung melalui kanal Youtube RSPDFM Klaten.
Penelitian ini menggambarkan bagaimana brand activation program obrolan Serap Aspirasi dalam membentuk citra radio visual di RSPD Klaten. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang dilakukan dengan proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian kemudian dianalisis dengan analisis interaktif yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Branding yang dilakukan RSPD Klaten memenuhi 7 unsur yaitu pertama publication dengan memublikasikan semua program RSPD terutama Orasi melalui radio visual Youtube. Kedua event, dalam hal ini tidak banyak event yang dilakukan RSPD untuk strategi branding. Ketiga news, dengan mengundang beberapa wartawan untuk meliput topik Obrolan Serap Aspirasi. Keempat community involvment, memberdayakan komunitas sebagai strategi branding menggunakan budaya karawitan. Kemudian RSPD Klaten menggunakan identity media sebagai radio publik milik pemerintah Klaten yang sudah melek radio visual. Keenam lobbying dilakukan untuk menarik berbagai narasumber untuk diajak berbincang di Orasi. Terakhir social investment dengan mendukung berbagai UMKM dan komunitas di Klaten melalui publikasi radio. Semua proses branding tersebut telah diterapkan RSPD Klaten dalam membentuk citra radio visual. Namun, berdasar hasil penelitian, poin event tidak berjalan maksimal.
Kata kunci: radio visual, brand activation, RSPD
Ketersediaan
SK202440145.1 | 2X7.5 AMI b | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.5 AMI b
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
Deskripsi Fisik |
100 hlm, 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.5
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Amiruddin Yusuf Fathoni
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain