Image of Evaluasi Marketing Communication Tim Publikasi Wayang Orang Sriwedari Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Pasca Pandemi

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Evaluasi Marketing Communication Tim Publikasi Wayang Orang Sriwedari Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Pasca Pandemi



Tri Yameli Intansari (181211122). Evaluasi Marketing Communication Tim Publikasi Wayang Orang Sriwedari Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Pasca Pandemi. Skripsi. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Jurusan Dakwah dan Komunikasi. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta 2024.
Wayang Orang Sriwedari adalah sebuah kelembagaan kesenian komersial milik Keraton Kasunanan Surakarta yang didirikan sekitar tahun 1910 untuk melengkapi fasilitas hiburan yang ada di Taman Sriwedari. Di masa pandemi Wayang Orang Sriwedari mengalami jumlah pengunjung yang signifikan, kemudian setelah pandemi Wayang Orang Sriwedari mencoba merangkak kembali untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Namun, upaya untuk mengoptimalkan hal tersebut masih menunjukkan kekurangan dalam efektivitasnya, terutama dalam konteks evaluasi pasca pandemi mengenai konten media sosial dan iklan konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas marketing communication yang digunakan oleh Wayang Orang Sriwedari dalam meningkatkan jumlah pengunjung pasca pandemi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif yang bersifat kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah Koordinator Wayang Orang Sriwedari, Tim Publikasi Wayang Orang Sriwedari, Humas Wayang Orang Srwiedari dan Kepala Bidang Kesenian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta. Data yang diperoleh peneliti melalui proses observasi, wawancara dengan beberapa pihak terkait dan dokumentasi. Sementara itu untuk mendukung data-data yang diperoleh maka peneliti juga menambahkan Teknik keabsahan data dengan menggunakan Teknik triangulasi sumber dan Teknik analisis data yang bersifat deskripsi, reduksi dan seleksi kemudian diolah menjadi data untuk penulisan skripsi ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi marketing communication tim publikasi Wayang Orang Sriwedari Surakarta dalam meningkatkan jumlah pengunjung pasca pandemi menggunakan bauran komunikasi pemasaran yang terdiri dari periklanan, personal selling, promosi penjualan, dan publisitas. Evaluasi komunikasi pemasaran berdasarkan analisis SWOT mencakup memaksimalkan promosi lewat media sosial Instagram, memberikan pelayanan yang baik untuk pengunjung yang datang, dan lebih memfokuskan promosi terhadap Wayang Orang Sriwedari.
Kata Kunci: Marketing Communication, Wayang Orang Sriwedari, Analisis SWOT


Ketersediaan

SK202440144.12X7.5 TRI ePERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 TRI e
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this