Image of Manajemen Produksi Konten Instagram Pada Akun @Jelajahsolo Dalam Membangun Wisata Soloraya

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Manajemen Produksi Konten Instagram Pada Akun @Jelajahsolo Dalam Membangun Wisata Soloraya



ABSTRAK
MUHAMMAD NAUFAL BERLIANSYAH IBRAHIM NIM 181211028. MANAJEMEN PRODUKSI KONTEN INSTAGRAM PADA AKUN @JELAJAHSOLO DALAM MEMBANGUN WISATA SOLORAYA. SKRIPSI, PROGRAM STUDY KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM. FAKULTAS USLUDIN DAN DAKWAH. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN MAS SAID SURAKARTA 2024.
Akun Instagram @jelajahsolo ini merupakan salah satu akun Instagram yang meperkenalkan kota solo dan seisinya. Seiring perkmbangan zaman dan banyaknya persaingan, Akun Instagram @jelajahsolo mempunyai keunikan tersendiri dalam menyampaikan info seputar soloraya. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui bagaimana manajemen produksi konten Instagram yang dilakukan oleh @jelajahsolo dalam membangun wisata soloraya.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis konten. Temuan penelitian menunjukkan bahwa akun @jelajahsolo memiliki strategi yang terencana dalam mengelola produksi konten, mulai dari perencanaan, pengambilan gambar/video, hingga pengeditan dan penyebaran konten. Manajemen produksi konten dilakukan dengan memperhatikan berbagai aspek, termasuk pemilihan lokasi, pemilihan model, teknik pengambilan gambar/video, dan penggunaan bahasa dalam voice over.
Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa akun @jelajahsolo mengintegrasikan elemen-elemen budaya lokal, seperti penggunaan bahasa Jawa dalam voice over dan pemilihan lokasi yang menggambarkan keunikan budaya Soloraya. Selain itu, akun tersebut juga menerapkan strategi komunikasi yang interaktif dengan pengikutnya, termasuk penggunaan tagar dan ajakan partisipasi.
Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana manajemen produksi konten Instagram dapat menjadi instrumen efektif dalam membangun citra pariwisata suatu daerah. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya perencanaan dan strategi yang terarah dalam mengelola konten media sosial untuk mendukung pengembangan pariwisata lokal.
Kata Kunci : Manajemen Produksi Konten, Sosial Media, Akun Instagram
@jelajahsolo


Ketersediaan

SK202440143.12X7.5 MUH mPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 MUH m
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this