Image of Strategi Komunikasi Pengelola Museum Keris Nusantara Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Strategi Komunikasi Pengelola Museum Keris Nusantara Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung



YULI KRISDIYANTI. NIM: 17.12.11.135. Startegi Komunikasi Pengelola Museum Keris Nusantara Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana Strategi Komunikasi Pengelola Museum Keris Nusantara Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Dimana Museum Keris Nusantara adalah satu-satunya museum keris yang ada di Indonesia, oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti strategi komunikasi pengelola museum. Penelitian ini berjudul Startegi Komunikasi Pengelola Museum Keris Nusantara Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung.
Berdasarkan hasil penelitian dana analisis data yang dilakukan terkait strategi komunikasi pengelola museum keris nusantara dalam meningkatkan jumlah pengunjung baik melalui wawancara dengan para informan, observasi, dan dokumentasi di lapangan. Strategi komunikasi pengelola museum Keris Nusantara dalam meningkatkan jumlah pengunjung meliputi kegiatan-kegiatan diantaranya, mengenal khalayak, menyusun pesan, menentukan metode, dan pemilihan media.
Dalam proses penerapannya pengelola museum keris menggunakan bentuk-bentuk kegiatan yaitu mengenal khalayak, strategi yang dilakukan disini yaitu dengan menjalin kerja sama dengan Lembaga Pendidikan, mengoptimalkan sosial media Instagram museum, memberikan pelayanan terbaik dengan menyapiakna edukasi mengenai museum, dan mengadakan event setiap sebulan sekali. Museum Keris Nusantara merupakan satu-satunya museum yang berapa di kota Solo dengan koleksi-koleksi keris seluruh Nusantara. Museum Keris Nusantara terus berusaha meningkatkan jumlah pengunjung museum agar selalu ada penigkatan dan semua itu menggunakan strategi Komunikasi. Dalam melakukan strategi komunikasi untuk meningkatkan jumlah pengunjung, terdapat komponen mengenal khalayak merupakan proses dari sebuah komunikasi. Khalayak yang menjadi sasaran Museum Keris Nusantara merupakan Masyarakat umum maupun pelajar. Menyusun pesan Museum Keris Nusantara yaitu bahwa setiap Museum itu tidak selalu hal yang kuno akan tetapi banyak edukasi yang didapatkan Ketika berkunjung ke museum. Pesan ini disampaikan secara langsung oleh tour guide dengan jelas dan diinformasikan melalui sosial media museum Keris Nusantara. Menetukan metode, ada dua aspek metode dalam komunitas ini yaitu aspek pelaksanaannya Museum Keris Nusantara dengan cara pelaksanaannya sudah menggunakan dua konsep kegiatan, yaitu online dan offline. Pemilihan media, media yang dipilih oleh Museum Keris Nusantara yaitu media sosial instagram, dan juga menggunakan media massa.
Kata kunci : Strategi komunikasi, Museum, Pengunjung.


Ketersediaan

SK202440142.12X7.5 YUL sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 YUL s
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this