Image of Implementasi Marketing Public Relation (Mpr) Humas Museum Klaster Dayu Karanganyar Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Implementasi Marketing Public Relation (Mpr) Humas Museum Klaster Dayu Karanganyar Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan



Samsiati Marfuah, NIM. 17.12.11.068. Implementasi Marketing Public Relation (MPR) Humas Museum Klaster Dayu Karanganyar Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan, Skripsi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. UIN Raden Mas Said Surakarta.2024.
Kurangnya pemasaran yang optimal mengenai objek wisata Museum Klaster Dayu karena masih tergabung dengan Museum Sangiran. Kunjungan wisatawan yang mengalami penurunan sertas akses jalan yang kurang baik menjadi masalah bagi Museum Klaster Dayu. Presepsi masyarakat yang masih terbatas terkait museum sebagai tempat wisata edukasi. Berdasarkan masalah yang diangkat penulis memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Marketing Public Relation (MPR) untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Museum Klaster Dayu.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yaitu menitik beratkan pada observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dimana peneliti melakukan observasi secara langsung dan juga menyajikan data yang berada di lapangan. Teknik analisis data dilakukan dengan menjabarkan hasil wawancara yang telah dilakukan, aspek yang diperhatikan yaitu Marketing Public Relation (MPR) dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Museum Klaster Dayu. Subyek dalam penelitian ini adalah Museum Klater Dayu. Sedangkan Objek penelitian ini adalah Bapak Suwita Nugraha, S.T., M.A, Bapak Minto, Ibu Wuri Hatmani serta konten yang di unggah di sosial media yang berisi kegiatan Museum Klaster Dayu dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa Marketing Public Relation (MPR) Museum Klaster Dayu menerapkan teori P.E.N.C.I.L.S yaitu yang pertama publikasi, melalui publikasi di media social untuk memperkenalkan museum sehingga mempengaruhi khalayak yakni dengan memperhatikan aktivitas Instagram yang digunakan. Kemudian Events merupakan cara Museum Klaster Dayu untuk menunjukkan kegiatan atau program yang dimiliki. News atau membuat berita juga dilakukan oleh Museum Klaster Dayu dengan membuat realise kegiatan yang sudah terlaksana. Dalam membangun hubungan komunitas atau Community Involvement Museum Klaster Dayu menciptakan keterlibatan dengan Masyarakat sekitar serta membina hubungan dengan media pers (Identity Media) untuk memperoleh publisitas media. Dalam Lobbying and Negotitation untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan bagi semua pihak dalam setiap kegiatan yang sudah direncanakan. Marketing Public Relation (MPR) Museum Klaster Dayu juga menerapkan Social Investmen dengan membuat program-program yang bermanfaat bagi Masyarakat.
Kata Kunci : Marketing Public Relation, Museum Klaster Dayu


Ketersediaan

SK202440134.12X7.5 FIT iPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 FIT i
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this