Image of Bimbingan Klasikal Dengan Metode Contekstual Teaching Learning (Ctl) Dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja Oleh The Blangkon Di P4gn Kab.Sukoharjo

BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

Bimbingan Klasikal Dengan Metode Contekstual Teaching Learning (Ctl) Dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja Oleh The Blangkon Di P4gn Kab.Sukoharjo



Giska Romadlona Safitri. NIM : 201221096. Bimbingan Klasikal dengan Metode Contekstual Teaching and Learning (CTL) dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja oleh The Blangkon diP4GN Sukoharjo. Fakultas Ushuludin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta. 2024.
Semakin berkembangnya zaman kasus penyalahgunaan narkoba semakin banyak, bukan hanya dari masyarakat kalangan atas tetapi juga masyarakat menengah kebawah, bahkan juga sudah tidak memandang bulu,. Hal itu mengakibatkan semakin banyak generasi muda yang terjerumus dalam permasalahan narkoba dan kehilangan masa depan mereka. Maka dari itu remaja harus mendapatkan bimbingan supaya memperoleh edukasi, motivasi serta informasi yang cukup mengenai penyalahgunaan narkoba. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses bimbingan klasikal dengan metode contekstual teaching and learning (CTL) dalam pencegahan penyalahgunaa narkoba pada remaja oleh The Blangkon diP4GN Sukoharjo
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek pada penelitian ini sebanyak tiga orang yang terdiri dari 1 Pembina , 1 anggota the Blangkon dan 1 remaja yang dipilih melalui purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan P4GN Sukoharjo
Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan bimbingan klasikal dengan metode Contektual Teaching and Learning (CTL) dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba pada remaja diP4GN Sukoharjo terdapat 3 tahap yaitu : 1) tahap awal yaitu proses perkenalan untuk membentuk rapport yang baik sesuai dengan aspek karakteristik kerjasama dalam metode CTL. 2) tahap inti yaitu pemaparan materi dan diselingi dengan music ,yang disampaikan oleh mantan narapidana penyalahgunaan narkoba yang merupakan anggota the blangkon, hal tersebut sesuai dengan asas karakteristik pengalaman langsung dan kreativitas. 3) tahap akhir yaitu menyimpulkan materi yang telah disampaikan dengan tujuan remaja dapat menanamkan dalam benak diri sendiri ,kemudian mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari remaja terhadap penyalahgunaan narkoba, hal tersebut sesuai dengan aspek karakteristik konstruktivisme dan penerapan.
Kata Kunci : Contekstual Teaching and Learning, Bimbingan Klasikal, Penyalahgunaan narkoba pada remaja


Ketersediaan

SK202430227.12X7.15 GIS bPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.15 GIS b
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hal, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.15
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this