Detail Cantuman
Advanced Search
BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM
Bimbingan Pribadi Pada Siswa Disabilitas Rungu Untuk Mengembangkan Potensi Diri Di Slb Bagian B-C Ypaalb Langenharjo
Siska Rahmawati, NIM 20.12.21.048 “Bimbingan Pribadi Pada Siswa Disabilitas Rungu Untuk Mengembangkan Potensi Diri di SLB Bagian B-C YPAALB Langenharjo” Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said, Tahun 2024.
Setiap anak tentunya memiliki potensi diri masing-masing, berbeda dengan anak disabilitas rungu tentunya tidak mudah untuk mengembangkan potensi diri yang dimilikinya dengan keterbatasan pendengaran yang menyebabkan kurang percaya diri dan menghambat pengengembangan potensi dirinya. Bimbingan pribadi merupakan rangkaian upaya yang dilakukan oleh pihak yang lebih mampu untuk membantu pihak yang membutuhkan tuntunan berdasarkan keunggulan pribadi mereka, disokong fasilitas yang tersedia, dan disesuaikan dengan kaidah norma supaya menjadi mandiri dan capable. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses bimbingan pribadi pada siswa disabilitas rungu untuk mengembangkan potensi diri di SLB Bagian B-C YPAALB Langenharjo.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan Wawancara, Observasi serta Dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah 2 guru dan 2 siswa disabilitas rungu. Peneliti juga menggunakan teknik triangulasi sumber untuk memperoleh keabsahan data serta data dianalisa dengan dua tahap yaitu reduksi data dan penyajian data.
Hasil penelitian menunjukkan tahap-tahap proses bimbingan pribadi untuk mengembangkan potensi diri siswa disabilitas rungu di SLB Bagian B-C YPAALB Langenharjo yaitu Terapi atau Bantuan yang digunakan secara langsung melalui bimbingan individu dengan teknik advice atau nasihat atau motivasi. Perubahan yang terjadi pada siswa disabilitas rungu di SLB Bagian B-C YPAALB Langenharjo seperti kepercayaan diri dan pengembangan potensi dirinya terlihat cukup bagus dan meningkat, kemampuan bersosialisasinya juga meningkat dari pada sebelumnya. Selanjutnya valuasi dan Follow Up bahwa bimbingan pribadi pada siswa disabilitas rungu baik secara sikap dan perilaku yang dapat di nilai cukup memberikan hasil yang begitu baik sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
Kata Kunci : Bimbingan Pribadi. Potensi Diri, Disabilitas Rungu
Ketersediaan
SK202430225.1 | 2X7.15 SIS b | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.15 SIS b
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
Deskripsi Fisik |
100 hal, 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.15
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Siska Rahmawati
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain