Detail Cantuman
Advanced Search
BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM
Bimbingan Keterampilan Vokasional Pada Anak Berkebutuhan Khusus Untuk Memasuki Dunia Kerja Di Slb Negeri Sukoharjo
Fitrianingrum. 201221187. Bimbingan Keterampilan Vokasional Pada Anak Berkebutuhan Khusus Untuk Memasuki Dunia Kerja di SLB Negeri Sukoharjo. Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024.
Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memiliki keterbatasan dengan karakteristik fisik, mental, intelektual, sosial maupun emosional yang berbeda dengan anak pada umumnya sehingga memerlukan sebuah layanan dan pendidikan yang tepat agar dapat membantu mencapai potensi secara optimal. Dengan berbagai keterbatasan yang dimiliki pada anak berkebutuhan khusus menimbulkan permasalahan yang dihadapi salah satunya belum terarahnya anak dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja setelah lulus sekolah. Bimbingan keterampilan vokasional memiliki peran penting dalam mempersiapkan anak-anak berkebutuhan khusus untuk memasuki dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan bimbingan keterampilan vokasional pada anak berkebutuhan khusus untuk memasuki dunia kerja di SLB Negeri Sukoharjo.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik penentuan subjek pada penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu 3 guru pembimbing keterampilan vokasional sebagai informan utama dan 2 siswa ABK yang mengikuti bimbingan keterampilan vokasional sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan keterampilan vokasional di SLB Negeri Sukoharjo dilaksanakan rutin dan terjadwal setiap hari rabu dan kamis. Pelaksanaan bimbingan keterampilan vokasional meliputi tiga tahap yaitu tahap perencanaan dengan melakukan assessment setiap wali kelas menyesuaikan terhadap kemampuan yang dimiliki anak-anak didiknya. Tahap pelaksanaan berupa guru pembimbing dari setiap keterampilan vokasional melakukan arahan dan pendampingan terhadap praktek yang dilaksanakan anak-anak. Tahap evaluasi atau penilaian dengan guru pembimbing melakukan tes pada saat ujian semester. Terdapat bentuk-bentuk bimbingan keterampilan vakasional seperti layanan orientasi, layanan pembelajaran, penugasan kelompok, layanan penempatan dan penyaluran. Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala dan guru pembimbing keterampilan memiliki upayanya dalam menghadapi kendala tersebut. Pelaksanaan bimbingan keterampilan vokasional ini berdampak positif terhadap peningkatan keterampilan dan kesiapan anak-anak untuk memasuki dunia kerja. Dilihat dari aspek kesiapan kerja meliputi aspek keterampilan, aspek ilmu pengetahuan, aspek pemahaman dan aspek atribut kepribadian.
Kata Kunci : Bimbingan Keterampilan Vokasional, Anak Berkebutuhan Khusus, Memasuki Dunia Kerja.
Ketersediaan
SK202430197.1 | 2X7.15 FIT b | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.15 FIT b
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
Deskripsi Fisik |
100 hal, 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.15
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Fitrianingrum
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain