Image of Terapi Bermain Dalam Membentuk Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Di Slb Negeri Sukoharjo

BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

Terapi Bermain Dalam Membentuk Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Di Slb Negeri Sukoharjo



Hesti Setyaningsih NIM: 201221144. Terapi Bermain Dalam Membentuk Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunagrahita di SLB Negeri Sukoharjo. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024.

Anak tunagrahita cenderung memiliki motivasi yang rendah dalam melatih kemampuan motorik kasarnya, sehingga kemampuan motorik kasar anak tunagrahita perlu dilatih secara berulang-ulang. Agar anak tunagrahita mampu membentuk kemampuan motorik khususnya motorik kasar. Sehingga di SLB Negeri Sukoharjo ini diberikan terapi bermain agar anak tunagrahita mampu menggerakkan anggota tubuhnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terapi bermain dalam memebentuk kemampuan motorik kasar anak tunagrahita.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari terapis, guru kelas yang mengampu anak tunagrahita dan anak tunagrahita yang diberikan terapi 3 orang anak. Untuk memperoleh keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi bermain dalam membentuk kemampuan motorik kasar anak tunagrahita di SLB Negeri Sukoharjo yaitu 1) guru mengidentifikasi terlebih dahulu untuk mengetahui kemampuan dan kebutuhan anak tunagrahita 2) memilih atau menentukan jenis permainan yang akan digunakan 3) melaksanakan terapi bermain pada anak tunagrahita secara berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak tunagrahita. Sehingga anak tunagrahita memiliki kemampuan motorik kasar seperti melompat, memanjat, berlari, melempar dan menangkap bola dengan baik.

Kata kunci : terapi bermain, kemampuan motorik kasar, anak tunagrahita


Ketersediaan

SK202430187.12X7.15 HES tPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.15 HES t
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hal, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.15
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this