Detail Cantuman
Advanced Search
BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM
Terapi Bermain Dalam Membentuk Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Di Slb Negeri Sukoharjo
Hesti Setyaningsih NIM: 201221144. Terapi Bermain Dalam Membentuk Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunagrahita di SLB Negeri Sukoharjo. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024.
Anak tunagrahita cenderung memiliki motivasi yang rendah dalam melatih kemampuan motorik kasarnya, sehingga kemampuan motorik kasar anak tunagrahita perlu dilatih secara berulang-ulang. Agar anak tunagrahita mampu membentuk kemampuan motorik khususnya motorik kasar. Sehingga di SLB Negeri Sukoharjo ini diberikan terapi bermain agar anak tunagrahita mampu menggerakkan anggota tubuhnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terapi bermain dalam memebentuk kemampuan motorik kasar anak tunagrahita.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari terapis, guru kelas yang mengampu anak tunagrahita dan anak tunagrahita yang diberikan terapi 3 orang anak. Untuk memperoleh keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi bermain dalam membentuk kemampuan motorik kasar anak tunagrahita di SLB Negeri Sukoharjo yaitu 1) guru mengidentifikasi terlebih dahulu untuk mengetahui kemampuan dan kebutuhan anak tunagrahita 2) memilih atau menentukan jenis permainan yang akan digunakan 3) melaksanakan terapi bermain pada anak tunagrahita secara berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak tunagrahita. Sehingga anak tunagrahita memiliki kemampuan motorik kasar seperti melompat, memanjat, berlari, melempar dan menangkap bola dengan baik.
Kata kunci : terapi bermain, kemampuan motorik kasar, anak tunagrahita
Ketersediaan
SK202430187.1 | 2X7.15 HES t | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.15 HES t
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
Deskripsi Fisik |
100 hal, 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.15
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Hesti Setyaningsih
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain