Detail Cantuman
Advanced Search
BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM
Penerapan Live Modelling Melalui Puzzle Abjad Sebagai Motivasi Belajar Siswa Tunagrahita : Studi Kasus Pada Sdlb Bhina Putera Surakarta
Alifa Putri Chaerani 201221116, “Penerapan Live Modelling Melalui Puzzle Abjad Sebagai Motivasi Belajar Siswa Tunagrahita : Studi Kasus Pada SDLB Bhina Putera Surakarta”. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Universitas Negeri Islam Raden Mas Said Surakarta, Tahun 2024.
Anak berkebutuhan khusus tunagrahita mengalami sejumlah tantangan saat belajar, termasuk motivasi belajar yang rendah, kesulitan berkonsentrasi, dan daya ingat yang buruk, yang membutuhkan perhatian ekstra selama proses pembelajaran. Penelitian ini mencoba untuk menjelaskan bagaimana siswa berkebutuhan khusus dapat lebih memahami konten alfabet yang diberikan, meningkatkan daya ingat, dan mengembangkan fokus mereka dengan penerapan live modelling melalui puzzle abjad sebagai motivasi belajar.
Studi kasus kualitatif adalah metodologi yang digunakan dalam penelitian ini. Kepala sekolah, guru pengajar, dan seorang siswa SDLB Bhina Putera Surakarta menjadi subjek pendukung dalam penelitian ini. Guru kelas adalah subjek utama. Wawancara, observasi, dan dokumentasi merupakan metode pengumpulan data. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Prosedur reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan diterapkan pada analisis penelitian ini.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan live modelling melalui puzzle abjad sebagai motivasi belajar siswa tunagrahita di SDLB Bhina Putera Surakarta dilakukan dengan langkah-langkah : pertama, diawali dengan menentukan kebutuhan dan ciri-ciri siswa tersebut. Kedua, mengidentifikasi perilaku yang harus dimodifikasi, yaitu meningkatkan motivasi siswa untuk belajar, meningkatkan kemampuan mengingat materi yang disampaikan, dan menjadi lebih tertarik untuk belajar. Ketiga, perilaku dari siswa tunagrahita yang menyebabkan hambatan ketika proses pembelajaran. Keempat, memilih untuk menggunakan live modelling melalui puzzle abjad sebagai motivasi belajar siswa tunagrahita. Kelima, memberikan metode dan media tersebut sebagai upaya memenuhi indikator keberhasilan dari proses pembelajaran siswa tunagrahita. Keenam, melakukan evaluasi belajar agar mengetahui sejauh mana pemahaman dan upaya menetapkan materi pembelajaran di pertemuan mendatang.
Kata Kunci : Live Modelling, Puzzle Abjad, Motivasi Belajar, Tunagrahita
Ketersediaan
SK202430182.1 | 2X7.15 ALI p | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.15 ALI p
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
Deskripsi Fisik |
100 hal, 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.15
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Alifa Putri Chaerani
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain