Image of Peran Guru Dalam Mengembangkan Konsentrasi Belajar Anak Tunagrahita Di Slb Ngringo

BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

Peran Guru Dalam Mengembangkan Konsentrasi Belajar Anak Tunagrahita Di Slb Ngringo



Rika Zulyana (191221137). Peran guru dalam mengembangkan konsentrasi belajar anak tunagrahita di SLB Ngringo. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. 2024.
Anak tunagrahita memiliki kemampuan intelektual dibawah rata-rata dan memiliki kesulitan dalam berpikir, kebanyakan anak tunagrahita kurang mempunyai motivasi dan cepat merasa bosan dalam belajar. untuk mengembangkan konsentrasi belajar anak tunagrahita memerlukan cara atau teknik yang menarik dan menyenangkan. Untuk mencapai hal ini diperlukan peran guru untuk mengembangkan konsentrasi belajar anak tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peran guru dalam mengembangkan konsentrasi belajar anak tunagrahita di SLB Ngringo.
Tempat dilakukannya penelitian ini yaitu di SLB Ngringo. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang peneliti gunakan dalam mengambil sampel yaitu teknik purposive sampling dengan kriteria guru SLB Ngringo yang mengajar anak tunagrahita. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan triangulasi sumber. Triangulasi sumber yaitu peneliti membandingkan data yang diperoleh dari sumber yang berbeda. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan peran guru di SLB Ngringo yaitu guru berperan sebagai motivator, guru berperan sebagai pengarah, guru berperan sebagai inisiator dan guru berperan sebagai fasilitator. Selain itu, dalam komunikasi guru menggunakan komunikasi verbal dan nonverbal. Komunikasi verbal yang digunakan berupa lisan dan tulisan sedangkan komunikasi nonverbal yang digunakan yaitu berupa gerakan tangan.


Kata kunci: Peran Guru, Konsentrasi Belajar, Tunagrahita


Ketersediaan

SK202430151.12X7.15 RIK pPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.15 RIK p
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hal, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.15
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this