Image of Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Sekolah Alam Darul Huffadz (Studi Kasus di Sekolah Alam Kabupaten Brebes)

BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Sekolah Alam Darul Huffadz (Studi Kasus di Sekolah Alam Kabupaten Brebes)



Addina Mika Tisanda. Nim. 171221223, Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di Sekolah AlamDarul Huffadz (Studi Kasus Di Sekolah Alam Kabupaten Brebes). Program Studi Bimbingan Dan Konseling Islam. Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.2021.

Sekolah alam Darul Huffadz tidak memiliki guru yang sesuai disiplin ilmunya untuk melakukan bimbingan sehingga Anak berkebutuhan khusus (ABK) tidak mampu mengikuti kurikulum sekolah reguler, dan membutuhkan guru pembimbing khusus yang sesuai disiplin ilmunya untuk mendampingi pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling pada anak berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah alam Darul Huffadz.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dan wawancara. Metode keabsahan data yang digunakan berupa teknik triangulasi sumber. Metode analisis data yang digunakan dengan teknik analisis Milles Huberman yaitu dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program Bimbingan dan Konseling yang ada di Sekolah Alam Darul Huffadz Kabupaten Brebes pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling disisipkan pada saat pembelajaran karena memang tidak ada pelajaran BK secara khusus. Di Sekolah Alam Darul Huffadz Kabupaten Brebes pemberian layanan umum dilakukan sebulan sekali oleh guru pendamping 1 dan 2, materi yang diberikan meyesuaikan dengan permasalahan yang ada. Dengan bahasa yang lebih disederhanakan agar siswa dapat memahami dengan baik. Adapun juga pemberian layanan yang dilakukan secara mendadak atau insedental jika diperlukan dan ada suatu permasalahan tertentu. Itu pun dilaksanakan oleh guru yang memang cocok atau yang disenangi anak tersebut.

Kata kunci: bimbingan dan konseling, anak berkebutuhan khusus


Ketersediaan

SK202430138.12X7.15 ADD pPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.15 ADD p
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hal, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.15
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this