Detail Cantuman
Advanced Search
AQIDAH DAN FILSAFAT ISLAM
Penguatan Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jamaah Dalam Kurikulum Pendidikan Siswa Madrasah Tsanawiyah Yaumika Kalijambe
Muhammad Vigar Aldi N., NIM : 171121046, Penguatan Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jamaah Dalam Kurikulum Pendidikan Siswa Madrasah Tsanawiyah Yaumika Kalijambe, Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2024.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kurikulum dan penguatan aqidah Ahlus Sunnah Wal Jamaah siswa di Madrasah Tsanawiyah Yaumika Kalijambe.
Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif. Data yang penulis peroleh berasal dari para guru yang mengajar di MTs Yaumika Kalijambe. Instrumen dari penelitian kualitatif ini adalah peneliti itu sendiri. Dalam pengumpulan data kualitatif, digunakan metode pengamatan seperti wawancara, observasi, dokumentasi, dan metode lainnya. Analisis data melibatkan pencarian, penyusunan, dan interpretasi transkrip wawancara, serta materi lapangan lainnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum aqidah Ahlus Sunnah Wal Jamaah di Madrasah Tsanawiyah Yaumika Kalijambe bertujuan untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai Ahlus Sunnah Wal Jamaah secara keseluruhan kepada peserta didik, sehingga menjadi muslim yang terus berkembang dalam hal keyakinan, ketakwaan kepada Allah SWT, serta berakhlakuk mulia sebagai individu maupun anggota masyarakat, sesuai dengan tuntunan ajaran Islam berhaluan Ahlus Sunnah Wal Jamaah yang dicontohkan oleh jama’ah, mulai dari sahabat, tabi’in, tabi’it tabi’in, dan para ulama generasi ke generasi. Kurikulum tersebut telah terlaksana dengan baik sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang telah dibuat. Penguatan aqidah Ahlus Sunnah Wal Jamaah siswa di Madrasah Tsanawiyah Yaumika Kalijambe dilaksanakan melalui pembelajaran menggunakan buku panduan amaliyah dan aqidah yang diselipkan pada beberapa mata pelajaran terutama mata pelajaran keagamaan. Bukan hanya itu, Madrasah Tsanawiyah Yaumika Kalijambe juga menanamkan praktek amaliyah yang dilakukan dalam lingkungan sekolah, antara lain amaliyah sikap terhadap guru, sikap terhadap orang tua, membiasakan sholat dhuha setiap hari, dan juga membiasakan sholat berjamaah yang dilakukan setiap sholat dhuhur di aula sekolah.
Ketersediaan
SK20241029.1 | 2X3 MUH p | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X3 MUH p
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
Deskripsi Fisik |
100 hlm, 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X3
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain