Detail Cantuman
Advanced Search
KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
Strategi Komunikasi Pemasaran Kafe Tenggir Coffee And Eatery Ngargoyoso Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung
Agus Supriyanto. NIM. : 20.12.11.035. Strategi Komunikasi Pemasaran Kafe Tenggir Coffee And Eatery Ngargoyoso Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Skripsi, Program Stdui Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2024.
Dengan perkembangan bisnis yang semakin kompetitif membuat para pengusaha harus dapat merancang strategi komunikasi pemasaran yang efektif. Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh kafe Tenggir Coffee and Eatery untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Tenggir Coffee and Eatery merupakan salah satu kafe yang menawarkan konsep berbeda di antara pesainginya di wilayah Ngargoyoso, Karanganyar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data, metode triangulasi sumber digunakan. Data yang terkumpul kemudian disajikan, dianalisis, dan dievaluasi untuk menarik kesimpulan. Teori yang menjadi landasan adalah teori dari Kotler, dengan penerapan berbagai bauran pemasaran seperti iklan, promosi penjualan, penjualan perorangan, pemasaran langsung, dan hubungan masyarakat.
Berdasarkan hasil analisis data, wawancara, dan temuan lapangan, kafe ini baru berhasil menerapkan tiga dari lima strategi komunikasi pemasaran dari Kotler secara efektif seperti periklanan, promosi penjualan dan penjualan perorangan. Mereka menggunakan media cetak dan media sosial untuk periklanan, dengan media sosial terbukti efektif dalam menjangkau audiens yang luas. Dalam promosi penjualan, kafe ini menawarkan diskon dan paket harga, dengan memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan informasi tentang promo tersebut. Meskipun belum memiliki struktur Humas, kafe baru membangun hubungan baik dengan staf internal dan eksternal seperti sekolah dan influencer. Penjualan perorangan ditekankan melalui interaksi langsung antara staf kafe dan pengunjung, sementara pemasaran langsung dilakukan melalui media sosial dengan konten menarik di Instagram dan TikTok. Strategi-strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan jumlah pengunjung kafe Tenggir Coffee and Eatery, meskipun menghadapi kendala terkait sumber daya manusia dalam mengelola media sosial. Melalui keseluruhan strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan, kafe ini berhasil mencapai tujuan mereka dalam meningkatkan jumlah pengunjung dan membangun hubungan yang baik dengan pengunjung.
Ketersediaan
SK202440118.1 | 2X7.5 AGU s | PERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAH | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.5 AGU s
|
Penerbit | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta., 2024 |
Deskripsi Fisik |
100 hlm, 29 cm
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
2X7.5
|
Tipe Isi |
Text
|
Tipe Media |
Text
|
---|---|
Tipe Pembawa |
Visual
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain