Image of Strategi Dakwah Komunitas Salma (Sahabat Muslimah) Solo

KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

Strategi Dakwah Komunitas Salma (Sahabat Muslimah) Solo



Fauzana Maqfiroh Nur Fadhilah, NIM 171211113, Strategi Dakwah Komunitas Salma (Sahabat Muslimah) Solo. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta 2024.
Fenomena maraknya komunitas hijrah yang muncul di pedesaan maupun perkotaan. Hal ini menjadi salah satu alasan beeberapa kelompok mendirikan sebuah komunitas, diaman dengan dibentuknya komunitas ini dapat menajdi wadah bagi masyarakat yang ingin mencari teman hijrah. Salah satunya adalah komunitas Salma (Sahabat Muslimah) yang mulai dibangun sejak tahun 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana strategi dakwah yang dilalukan oleh Komunitas Salma (Sahabat Muslimah) dalam meningkatkan pemahaman ke-Islaman anggota komunitas. Teori yang digunakan oleh peneliti adalah strategi dakwah menurut Ali Aziz yang terdiri dari strategi tilawah, strategi tazkiyah dan strategi ta’lim. Wawancara, observasi dan dokumentasi menjadi teknik pengambilan data. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan teknik tringulasi. Untuk teknik analisis sendiri menggunakan koleksi data, reduksi data dan penyajian data.
Hasil dari penelitian Strategi Dakwah Komunitas Salma (Sahabat Muslimah) Solo dalam meningkatkan pemahaman ke-Islaman terhadap anggota komunitas di tahun 2024, yakni Strategi dakwah yang digunakan oleh komunitas Salma (Sahabat Muslimah) dari tiga strategi dakwah menurut Ali Aziz hanya menggunakan dua strategi yaitu Strategi Tilawah (membacakan firman Allah dalam ayat-ayat Al-Qur’an) dan Strategi Tazkiyah (membersihkan jiwa). Pertama adalah Strategi Tilawah yang dilakukan oleh komunitas Salma (Sahabat Muslimah) berupa kegiatan belajar membaca Al-Qur’an dan tahsin. Kedua, Strategi Ta’lim sendiri dalam kegiatan komunitas Salma (Sahabat Muslimah) diantaranya ada kegiatan Kajian Kios, bedah buku, dan kegiatan tambahan workshop atau webinar. Untuk kegiatan Kajian Kios dan Kajian Subuh menjelaskan pesan yang terkandung di dalam ayat-ayat Al-Qur’an dan dikaitkan dengan kisah-kisah Rasulullah dan para sahabatnya. Sedangkan untuk kegiatan bedah buku sendiri berfokuskan memberikan materi kepada anggota komunitas membahas tentang ke-Islaman dalam buku yang dirujuk. Kegiatan workshop atau webinar merupakan kegiatan yang dilakukan dalam rangka memberikan pelatihan kepada anggota dengan menghadirkan pemateri yang ahli dalam bidangnya. Sedangkan untuk strategi Tazkiyah, komunitas Salma (Sahabat Muslimah) belum menggunakan strategi tersebut.


Ketersediaan

SK202440116.12X7.5 FAU sPERPUSTAKAAN FAKULTAS USHULUDDIN DAN DAKWAHTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.5 FAU s
Penerbit Fakultas Ushuluddin dan Dakwah : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
100 hlm, 29 cm
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.5
Tipe Isi
Text
Tipe Media
Text
Tipe Pembawa
Visual
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this